Realisasi TKDN Sektor Hulu Pertamina Capai 59,6% pada Akhir 2020

Image title
8 April 2021, 15:01
pertamina hulu, tkdn
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi.

Pertamina menyampaikan bahwa realisasi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) Subholding Upstream hingga akhir 2020 mencapai 59,65%. Angka ini lebih tinggi dari target pemerintah dan Pertamina Holding.

Capaian tersebut terdiri dari TKDN barang 29,70% dan TKDN jasa 69,28%. Corporate Secretary Subholding Upstream Pertamina Whisnu Bahriansyah mengatakan angka ini akan terus ditingkatkan sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kapasitas produksi dalam negeri.

Advertisement

"Selain fokus menjaga aktivitas produksi melalui program eksplorasi dan pengembangan, Pertamina berkomitmen mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kapasitas nasional dan efek pengganda bagi keseluruhan industri dalam negeri, dalam mendukung kinerja perusahaan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (8/4).

Dalam pemenuhan tersebut, Subholding Upstream menggunakan produk buatan dalam negeri mulai dari tahapan perencanaan, proses pengadaan, hingga kontrak berakhir. Khususnya dalam rangka pemenuhan regulasi dan capaian TKDN sesuai dengan target pemerintah.

Dalam mendukung komitmen itu, Subholding Upstream Pertamina memiliki program rutin pemenuhan capaian TKDN yang dilaksanakan setiap tahun dan juga program peningkatan pemenuhan capaian TKDN.

Program rutin yang dijalankan yakni verifikasi TKDN dan pengajuan tanda sah ke Ditjen Migas sesuai dengan Permen ESDM Nomor 15 tahun 2013, kemudian coaching clinic tata cara perhitungan TKDN kepada mitra kerja sepanjang 2020 dan kuartal I-2021. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement