Kementerian ESDM Bidik Investasi Rp 508,9 T, Mayoritas ke Sektor Migas

Happy Fajrian
13 April 2021, 12:28
investasi, kementerian esdm,
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Ilustrasi. Kementerian ESDM menargetkan investasi di sektor energi, migas, dan mineral sebesar Rp 508 triliun tahun ini. Mayoritas untuk sektor migas sebesar Rp 245 triliun.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membidik investasi energi, migas, dan mineral senilai US$ 34,8 miliar atau sekitar Rp 508,88 triliun (kurs Rp 14.600 per dolar) pada tahun ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja nasional.

"Tahun lalu nilai investasi mencapai US$ 25,8 miliar, hanya 20% di bawah target awal. Tahun ini investasi dapat naik menjadi US$ 34,8 miliar," kata Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial dalam diskusi daring yang dipantau di Jakarta, Senin (13/4).

Dari angka tersebut, sektor hulu dan hilir migas paling dominan dengan target investasi sebesar US$ 16,8 miliar (Rp 245,7 triliun), sektor ketenagalistrikan US$ 9,9 miliar (Rp 144,8 triliun), sektor mineral dan batu bara US$ 6 miliar (Rp 87,7 triliun), sedangkan sektor energi baru dan terbarukan memiliki target paling kecil US$ 2,1 miliar (Rp 30,7 triliun).

Dalam mencapai target investasi tahun ini, lanjut Ego, pemerintah telah menyiapkan sejumlah kebijakan untuk meningkatkan penanaman modal bidang energi dan sumber daya mineral.

"Pertama pemerintah akan mempromosikan peluang investasi kepada para investor dalam negeri maupun luar negeri," kata Ego.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...