Jakarta Dinobatkan Kota Termahal ke-20 di Dunia, Wagub Riza Heran

Happy Fajrian
14 April 2021, 08:13
jakarta, kota termahal,
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Kendaraan melaju di antara gedung bertingkat di kawasan Pancoran, Jakarta, Sabtu (20/3/2021). Jakarta dinobatkan sebagai kota termahal ke-20 di dunia berdasarkan laporan ulies Baer’s Global Wealth and Lifestyle Report 2021.

Jakarta dinobatkan sebagai kota termahal di dunia urutan ke-20 menurut laporan Julies Baer’s Global Wealth and Lifestyle Report 2021. Menurut laporan ini Jakarta lebih mahal dibandingkan kota Vancouver (Kanada), Sao Paulo (Brasil,) Mexico City (Meksiko), Johannesburg (Afrika Selatan), dan Mumbai (India).

Sementara itu kota yang dinobatkan kota termahal di dunia di antaranya Shanghai (Tiongkok) di urutan pertama, kemudian Tokyo (Jepang), Hong Kong, Monaco, dan Taipei (Taiwan).

Laporan ini mengukur kota termahal berdasarkan harga sejumlah barang gaya hidup (lifestyle) seperti sepeda, mobil, perhiasan, tas wanita, jas pria, harga properti tempat tinggal, alat teknologi, treadmill, jam tangan, serta minuman beralkohil whisky dan anggur.

Kemudian harga tiket pesawat kelas bisnis, asuransi kesehatan, harga kamar hotel suite, lasik mata, tarif pengacara, dan harga makan malam mewah (degustation dinner). Semuanya diukur dengan peringkat 1 – 25, dimana peringkat 1 artinya paling mahal dan 25 artinya paling murah di antara 25 kota yang dinilai.

Dari beberapa item tersebut, tas wanita di Jakarta mendapat peringkat 2 di bawah Manila (Filipina), yang artinya harga tas wanita bermerek di ibu kota merupakan yang termahal kedua. Lalu disusul whisky (3), sepatu wanita (5), jas pria (6), tiket pesawat kelas bisnis (7), dan mobil (8).

Meski demikian, harga perangkat teknologi (laptop, smartphone) di Jakarta menempati peringkat ke-25 yang artinya paling murah di antara 25 kota yang dinilai. Termasuk harga properti residensial (21), lasik mata dan pengacara (20), perhiasan (19), jam tangan (18), dan asuransi kesehatan (17).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...