Permintaan Diramal Pulih, Harga Minyak Sentuh Level Tertinggi 4 Minggu

Happy Fajrian
16 April 2021, 07:43
harga minyak,
Medco Energi
Ilustrasi rig minyak lepas pantai.

Harga minyak naik ke level tertinggi baru dalam empat minggu pada akhir perdagangan Kamis (15/4) atau Jumat pagi waktu Indonesia. Kenaikan harga minyak didorong prospek permintaan yang lebih tinggi serta mulai pulihnya negara-negara OPEC dari pandemi Covid-19.

Setelah melonjak hampir 5% pada Rabu (14/4), kontrak berjangka minyak mentah Brent untuk pengiriman Mei naik US$ 36 sen atau 0,5% menjadi US$ 66,94 per barel. Sedangkan minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei naik US$ 31 sen atau 0,5% menjadi US$ 63,46 per barel.

Advertisement

Itu adalah posisi penutupan tertinggi untuk kedua kontrak acuan sejak 17 Maret untuk hari kedua secara berturut-turut serta melanjutkan reli kenaikannya selama empat hari beruntun. Kenaikan minyak juga didukung oleh pelemahan nilai tukar dolar AS.

"Kenaikan Rabu sedikit berlebihan, tetapi memiliki  dasar yang valid karena beberapa laporan memperkirakan permintaan tumbuh signifikan pada paruh kedua tahun ini, serta stok minyak mentah AS yang turun signifikan mengejutkan pasar," kata Kepala Pasar Minyak Rystad Energy, Bjornar Tonhaugen, dikutip dari Reuters, Jumat (16/4).

Mulai pulihnya perekonomian Amerika Serikat (AS) juga menopang kenaikan harga minyak. Penjualan ritel AS rebound lebih tinggi dari yang diharapkan pada Maret ketika warga Amerika menerima bantuan langsung tunai pandemi tambahan, serta vaksinasi Covid-19 yang memungkinkan perekonomian dibuka lebih luas lagi.

Dolar AS berada di jalur untuk jatuh ke level terendah empat minggu terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya. Dolar yang lebih lemah membuat minyak lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya, yang menurut para pedagang membantu mendukung harga minyak mentah.

"Hari ini pasar mempertahankan keuntungan ini, hanya mengurangi sedikit antusiasme minggu ini," kata Tonhaugen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement