Kebut Proyek Smelter, Pemerintah Cari Investor ke AS, Uni Eropa, Asia

Image title
16 April 2021, 14:55
proyek smelter, kementerian esdm
123RF.com/Chutima Chaochaiya
Ilustrasi smelter minerba

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal melakukan market sounding alias penjajakan minat pasar ke beberapa negara pada tahun ini untuk mengebut pengerjaan proyek smelter. Khususnya untuk proyek smelter yang saat ini dalam proses pembangunan.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM Sugeng Mujiyanto mengatakan negara sasaran market sounding yaitu Amerika Serikat, negara-negara Uni Eropa dan Asia. Langkah ini guna mempercepat terealisasinya pembangunan smelter.

Advertisement

"Perusahaan menyusun info memo ditawarkan pada forum pertambangan internasional," ujarnya kepada Katadata.co.id, Jumat (16/4).

Menurut Sugeng ada beberapa proyek smelter yang nantinya akan ditawarkan. Bahkan salah satu proyek smelter telah mendapatkan dukungan pendanaan dari perbankan dalam negeri.

Meski demikian, Sugeng tak memerinci secara detail mengenai proyek yang telah mendapatkan pendanaan tersebut. Adapun untuk nilai investasi tiap smelter bervariatif. "Beda-beda. Variabelnya sangat banyak," ujarnya.

Ada beberapa tahap yang akan dilakukan untuk merealisasikan pembangunan smelter ini. Pertama, pertemuan antara perusahaan yang memiliki proyek smelter dengan penyedia energi untuk memastikan ketersediaan listrik.

Kedua, menjalin kerja sama dengan MKU Services LLC di Houston, Amerika Serikat (AS) untuk market sounding mencari investor. Selain itu, pihaknya juga bakal berkoordinasi dengan Menko Perekonomian untuk mengusulkan agar smelter menjadi proyek strategis nasional. "Ketiga, tahun ini eksekusi  market sounding," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement