Kementerian BUMN Cari Solusi Harga Baru Pengadaan Batu Bara untuk PLN

Image title
19 April 2021, 19:17
harga batu bara, pln, kementerian bumn
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/foc.
Alat berat beroperasi di kawasan penambangan batu bara Desa Sumber Batu, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Rabu (8/7/2020). Kementerian ESDM menetapkan Harga Batu bara Acuan (HBA) Juli 2020 sebesar US$52,16 per ton turun sebesar US$0,82 per ton atau 1,54 persen dibandingkan Juni 2020 sebesar US$52,98 per ton, penurunan tersebut disebabkan minimnya permintaan ekspor batu bara untuk pasar global khusunya Tiongkok dan India.

Kementerian BUMN saat ini tengah mengupayakan aturan baru untuk PLN terkait pengadaan batu bara sebagai bahan bakar pembangkit listrik. Ini terkait dengan harga batu bara acuan yang mengalami tekanan sepanjang 2020 akibat pandemi Covid-19.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menyampaikan pemerintah telah menetapkan alokasi batu bara untuk kepentingan dalam negeri atau Domestic Market Obligation (DMO) tahun ini sebesar 137,5 juta ton. PLN sebagai penyedia tenaga listrik untuk kepentingan umum mendapatkan harga khusus US$ 70 per metrik ton.

Advertisement

Namun, jika merujuk pada harga batu bara di luar negeri yang bersifat spot atau jangka pendek, harga batu bara yang dijual di pasar tersebut akan lebih tinggi jika dibandingkan harga yang sudah ditetapkan pemerintah. Akibatnya, produsen batu bara enggan menjual komoditas emas hitam ini jika di bawah harga pasar.

Untuk itu, Kementerian BUMN saat ini tengah mencari solusi atas persoalan tersebut agar produsen batu bara dan PLN sama-sama tidak dirugikan. "Lagi dicari solusinya, kira kira tidak di harga pasar tapi juga tidak jauh dari harga dalam negeri," kata Arya kepada Katadata.co.id, Senin (19/4).

Meski demikian, untuk merealisasikan aturan tersebut, dibutuhkan payung hukum yang jelas tidak muncul permasalahan menyangkut aturan tersebut di masa mendatang. Kementerian BUMN berkonsultasi dengan Kejaksaan dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Harga batu bara acuan yang anjlok sepanjang 2020 membuat PLN tidak mendapatkan penghematan biaya batu bara. Pasalnya harga batu bara acuan berada di bawah harga khusus untuk PLN yakni US$ 70 per metrik ton.

Padahal pada 2018 dan 2019 PLN menerima penghematan biaya yang cukup besar akibat kebijakan tersebut. Pada 2018 harga batu bara acuan mencapai US$ 99 per metrik ton dan US$ 77,9 per metrik ton pada 2019.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement