Saudi Aramco Bakal Lepas 1% Saham ke Perusahaan Energi Asing

Image title
28 April 2021, 11:51
saudi aramco, lepas saham, arab saudi,
KATADATA
Ilustrasi kilang minyak.

Arab Saudi berencana untuk melepas 1% sahamnya pada perusahaan minyak raksasa milik negara, Saudi Aramco, kepada perusahaan energi global. Pihak kerajaan saat ini tengah dalam tahap diskusi dengan calon investor.

Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman Al Saud mengatakan bahwa Aramco kemungkinan akan menjual lebih banyak sahamnya dalam satu atau dua tahun ke depan, termasuk kepada investor internasional.

"Sekarang ada pembicaraan untuk akuisisi 1% saham oleh perusahaan energi global terkemuka dalam kesepakatan penting yang akan meningkatkan penjualan Aramco di sebuah negara besar," katanya mengutip Reuters, Rabu (28/4). Namun Putra Mahkota Arab Saudi ini tidak menyebutkan negara mana yang dimaksudnya.

Saudi Aramco, yang merupakan perusahaan minyak terbesar di dunia, melakukan penawaran saham perdana (initial public offering) pada akhir 2019 lalu. Ketika itu Aramco berhasil meraup dana segar US$ 25,6 miliar (Rp 358 triliun, kurs Rp 14.000 per dolar) setelah melepas miliar saham pada harga 32 riyal (US$ 8,53) per saham.

Ini merupakan rekor IPO terbesar di dunia. Setelah IPO, Aramco menjual tambahan 450 juta saham melalui opsi greenshoe, sehingga total raihan dananya melonjak menjadi US$ 29,4 miliar atau lebih dari Rp 411 triliun.

IPO Saudi Aramco pada 2019 lalu dipandang sebagai pilar program diversifikasi ekonomi yang bertujuan untuk menarik investasi asing.

Hasil dari penjualan saham ini nantinya akan ditransfer ke Dana Investasi Publik (PIF) sesuai pilihan Pangeran Mohammed. Pemerintah Arab Saudi memang tengah berupaya mendiversifikasi perekonomiannya yang sangat bergantung pada minyak.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...