Pulihnya Konsumsi Listrik Nasional Dongkrak Kebutuhan LNG PLN

Image title
28 April 2021, 16:53
lng, pln, pembangkit listrik
123RF.com/Artinun Prekmoung
Ilustrasi LNG

PLN menyebut kebutuhan gas alam cair alias liquefied natural gas (LNG) untuk pembangkit listrik pada kuartal pertama tahun ini mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan naiknya beban kelistrikan seiring konsumsi listrik nasional yang mulai pulih.

Direktur Energy Primer PLN Rudy Hendra Prastowo mengatakan bahwa selain beban listrik yang naik, terganggunya pasokan batu bara yang terjadi beberapa waktu lalu turut mendorong kebutuhan LNG untuk pembangkit listrik. Meski begitu Rudy tak memerinci angka pastinya.

"Pasokan batu bara sudah mulai normal. Untuk LNG diharapkan inline dengan pertumbuhan beban kelistrikan," ujarnya kepada Katadata.co.id, Rabu (28/4).

Menurut dia konsumsi listrik pada Maret ini juga telah mengalami kenaikan. Meski demikian, angkanya masih di bawah realisasi 2020 sebelum pandemi Covid-19.

Adapun berdasarkan paparan APBN KiTA April 2021, konsumsi listrik mengalami 3,3% secara tahunan pada Maret 2021. Perbaikan terjadi pada semua sektor, khususnya pada sektor industri yang tumbuh di zona positif.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...