Lapangan Merakes Beroperasi, Produksi Gas RI Tambah 368 Juta MMSCFD

Image title
28 April 2021, 17:20
lapangan merakes, produksi gas
Medco Energi
Ilustrasi. Lapangan Merakes yang berlokasi di cekungan Kutai, lepas pantai Kalimantan Timur sudah berproduksi mulai Rabu (28/4).

Lapangan Merakes, yang dikerjakan oleh ENI East Sepinggan Ltd, mulai mengalirkan produksi gas pertamanya pada Rabu (28/4). Proyek senilai US$ 1,3 miliar ini diperkirakan akan menambah produksi gas nasional sebesar 368 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) pada saat puncak produksi.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto mengapresiasi operator yang dapat mengawal beroperasinya Lapangan Merakes dengan lancar. Pasalnya, pengerjaan proyek ini sebelumnya sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Proyek ini awalnya ditargetkan dapat onstream lebih cepat pada kuartal tiga 2020. Namun pandemi membuat target tersebut harus bergeser ke kuartal I 2021 seperti yang tertuang pada persetujuan POD (Plan of Development).

"Tetapi kami bersyukur proyek ini dapat direalisasi dan proses onstream-nya berjalan mulus," kata Dwi pada sambutan acara Peresmian Proyek Merakes, yang dilaksanakan secara virtual, Rabu (28/4).

Menurutnya catatan penting dari pengembangan Lapangan Merakes yang berlokasi di cekungan Kutai, lepas pantai Kalimantan Timur adalah kemampuan sinergi untuk meningkatkan keekonomian lapangan.

Kedekatan penemuan lapangan Merakes dengan floating production unit (FPU) Jangkrik memungkinkan Eni memaksimalkan sinergi dengan infrastruktur terdekat yang telah ada dengan menggunakan skema pemakaian fasilitas bersama (FSA/facility sharing agreement).

“Ini perlu untuk terus ditingkatkan karena potensi yang masih cukup besar dari WK East Sepinggan, Muara Bakau ataupun WK-WK lainnya disekitar fasilitas FPU Jangkrik,” ujar Dwi.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...