Butuh Investasi Besar, Eks Bos Pertamina: Target 1 Juta Barel Berat

Image title
29 April 2021, 13:12
target 1 juta barel, pertamina
KATADATA
Ilustrasi. Pengeboran minyak lepas pantai.

Pemerintah menargetkan lifting migas 1 juta barel minyak dan 12 miliar standar kaki kubik (BSCFD) gas bumi per hari pada 2030. Mantan Direktur Utama Pertamina Ari Soemarno menilai target tersebut bakal menghadapi jalan berliku lantaran nominal investasi yang dibutuhkan cukup besar.

Berdasarkan perhitungan SKK Migas, setidaknya dibutuhkan investasi sebesar US$ 187 miliar atau sekitar Rp 2.700 miliar (kurs Rp 14.400) selama 9 tahun ke depan. Sementara persaingan dalam menarik investasi antar negara semakin ketat.

"Kompetisi sangat ketat. Investor cari yang mendukung investasi mereka dan ini tantangannya sengat berat," ujar dia dalam acara 'Energy Corner', Kamis (29/4).

Oleh karena itu regulasi dan insentif yang ramah investor menjadi salah satu faktor yang cukup penting dalam merealisasikan target tersebut. Apalagi banyak perusahaan di sektor hulu migas di seluruh dunia memangkas anggaran investasinya imbas dari pandemi covid-19.

Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto mengatakan pemerintah terus berupaya memperbaiki iklim investasi di sektor hulu migas. Salah satunya dengan memangkas aturan yang menghambat investasi.

Pemerintah mencabut segala prosedur yang menghambat proses investasi di Indonesia. Hal ini sesuai seperti apa yang diamanatkan Presiden Joko Widodo.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...