Kuota Ekspor Ditambah, PTBA Genjot Produksi Batu Bara 30 Juta Ton

Image title
30 April 2021, 17:06
PTBA, bukit asam, produksi batu bara,
www.ptba.co.id
Ilustrasi tambang batu bara.

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) bakal menggenjot target produksi batu bara tahun ini menjadi minimal 30 juta ton. Hal ini menyusul kebijakan pemerintah yang menambah kuota produksi batu bara sebesar 75 juta ton, khusus untuk ekspor.

Direktur Utama PTBA Suryo Eko Hadianto menyatakan penambahan kuota ekspor batu bara merupakan peluang bagi perusahaan. Oleh sebab itu perusahaan bakal menggenjot produksinya di tahun ini.

"Kami sudah merencanakan setidaknya minimal kami bisa produksi sekitar 30 juta ton pada tahun ini," ujar Suryo dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (30/4).

Adapun target ini lebih tinggi jika dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai 24,8 juta ton. Sementara total produksi batu bara PTBA selama kuartal I 2021 mencapai 4,5 juta ton dengan penjualan sebanyak 5,9 juta ton.

Meski demikian, Suryo mengatakan bahwa pihaknya akan menjajaki peluang lainnya dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). PTBA akan menyesuaikan kapasitas produksinya dengan kapasitas angkutan dan kereta api, serta infrastruktur yang ada.

"Namun jika dari sisi kemampuan produksi, perusahaan dapat mencapai 3 juta ton per bulan. Ini menunjukkan kalau hanya sampai 36 juta ton per tahun ini potensinya sudah ada," kata dia.

Sebagai informasi, PTBA membukukan laba bersih sebesar Rp 500,5 miliar sepanjang tiga bulan pertama tahun ini. Capaian tersebut turun 44,58% secara tahunan atau year on year (yoy) dari Rp 903,25 miliar pada periode yang sama 2020.

Turunnya laba perusahaan tambang batu bara ini sejalan dengan penurunan pendapatan karena tidak tercapainya kinerja operasional. Hal ini lantaran curah hujan yang tinggi di Tanjung Enim dan sekitarnya mempengaruhi produksi batu bara.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...