Pejabat SKK Migas Jadi Dirut Pertamina Rokan, Bagaimana Target Migas?

Image title
6 Mei 2021, 14:05
skk migas, phr, satu juta barel minyak,
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Ilustrasi.

SKK Migas memastikan target produksi minyak satu juta barel di 2030 tidak akan terganggu pasca penunjukkan Deputi Perencanaan SKK Migas Jaffee Arizona Suardin sebagai Direktur Utama Pertamina Rokan Hulu (PHR). Pria yang akrab disapa Buyung ini akan melakoni peran barunya tersebut mulai hari ini, Kamis (6/5).

Adapun Buyung menggantikan posisi Ricardo Perdana Yudantoro, Dirut PHR sebelumnya. Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Susana Kurniasih memastikan jika program target produksi satu juta barel pada 2030 akan tetap berjalan, sekalipun tanpa Buyung yang merupakan penggagas program tersebut.

"Kami tetap akan jalan karena ini program lembaga yang diharapkan juga menjadi program nasional, bukan hanya program perorangan," kata Susana kepada Katadata.co.id, Kamis (6/5).

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto sebelumnya membenarkan jika terdapat surat dari Pertamina kepada SKK Migas tentang rekomendasi menteri BUMN untuk penunjukan Buyung sebagai Direktur Utama PHR. Ia juga memastikan Buyung telah resmi menjadi orang nomor satu di PHR. "Benar," jawabnya singkat.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menilai penunjukan Buyung sebagai Dirut PHR menuai tanda tanya. Mengingat ini bukan kali pertama nama Buyung masuk dalam jajaran orang penting di tubuh Pertamina.

"Saat awal subholding namanya sudah mencuat namun akhirnya gagal. Saat ini akhirnya ditunjuk karena memang ada permintaan kepada Pertamina dari Kementerian BUMN," kata dia.

Meski begitu, Buyung harus diberi kesempatan untuk bekerja memperbaiki persoalan yang saat ini membelit Blok Rokan. Terutama dalam menjaga dan meningkatkan produksi migas, mengingat blok ini merupakan tulang punggung produksi minyak nasional.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...