MIND ID Dukung Smelter Freeport di Halmahera, Diputuskan Pasca-Lebaran

Image title
7 Mei 2021, 18:43
smelter freeport, mind id, lokasi smelter freeport
www.npr.org
Tambang Freeport.

Holding BUMN Pertambangan Mind ID alias PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) bakal segera memutuskan lokasi pembangunan pabrik peleburan atau smelter tembaga PT Freeport Indonesia.

Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak mengatakan lokasi pembangunan smelter Freeport ada dua opsi. Pertama, di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur. Kedua, di Kawasan Industri Weda Bay, Halmahera, Maluku Utara.

Advertisement

Orias bercerita di tengah proses pembangunan smelter yang berlokasi di JIIPE. Freeport Indonesia mendapat tawaran dari Tsingshan Steel untuk bekerja sama membangun smelter di Halmahera yang disebut lebih cepat dan murah dibandingkan JIIPE.

MIND ID dan Freeport hingga kini masih berdiskusi dengan Tsingshan Steel terkait proyek smelter tersebut. "Setelah lebaran semoga ini bisa diputuskan dimana. Keduanya masing masing punya kekurangan dan kelebihannya," ujar Orias kepada Katadata.co.id, Jumat (7/5).

Orias sebelumnya mendukung rencana Freeport menggandeng Tsingshan Steel. Dengan syarat, biaya pembangunannya lebih kecil dibandingkan hitungan awal.

Pasalnya, dari investasi sebesar US$ 3 miliar untuk membangun smelter di Gresik, MIND ID selaku induk usaha harus menanggung beban US$ 1,2 miliar hingga US$ 1,5 miliar. “Jadi, kami mendukung (smelter di Halmahera). Tapi saat ini semua masih dalam tahap awal pembicaraan,” kata Orias.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement