PGN Mulai Garap Konstruksi Proyek Interkoneksi Pipa Gas Sumatera-Jabar

Image title
11 Mei 2021, 18:52
pipa gas, interkoneksi sumatera jawa barat,
Katadata | Arief Kamaludin
Ilustrasi pipa gas.

Perusahaan Gas Negara (PGN) memastikan pembangunan proyek strategis tetap berjalan menjelang lebaran Idul Fitri 1442 H. Salah satunya yakni pembangunan interkoneksi yang menghubungkan pipa gas transmisi South Sumatra West Java (SSWJ) ke pipa transmisi West Java Area (WJA).

Dalam proyek tersebut, PGN telah memulai proses pengerjaan rekayasa, pengadaan dan konstruksi atau EPCIC (Engineering, Procurement, Construction Installation, and Commissioning). Saat ini tengah berjalan pembangunan Metering and Regulating Station (M/RS) dan pipa 24 inci sepanjang 1,4 kilometer (km).

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar mengatakan interkoneksi pipa SSWJ-WJA akan memperkuat jaringan pipa PGN untuk pengaliran gas Pupuk Kujang Cikampek dan Pertamina RU VI Balongan.

"Proyek ini berpotensi menyalurkan pasokan gas ke Pupuk Kujang Cikampek sebesar 25 BBTUD dan RU Balongan sampai dengan 10 BBTUD,” kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa (11/5).

Dengan integrasi Pipa SSWJ-WJA, gas bumi dari Lapangan Gas Sumbagtengsel (Sumatra bagian tengah dan selatan) yang dialirkan melalui Pipa SSJW I - Bojonegara - Cikande – Bitung akan terkoneksi dengan Stasiun Kompresor Gas (SKG) Pertagas yang tersambung dengan Pipa WJA.

Interkoneksi akan meningkatkan kapasitas penyaluran secara sistem terintegrasi dengan kapasitas penyaluran gas maksimal kurang lebih 165 BBTUD. Adapun pengerjaan interkoneksi pipa ini ditargetkan selesai pada triwulan IV 2021.

Selain meninjau proyek pembangunan Interkoneksi Pipa SSWJ-WJA, Achmad juga meninjau penyaluran gas eksisting di PLTGU Cilegon dan keandalan sistem penyaluran gas.

Simak databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...