Bisnis Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Kuartal I Lampaui Target

Happy Fajrian
19 Mei 2021, 14:39
petrokimia pertamina, kinerja kuartal i 2021
Katadata | Dok.
Kilang Pertamina.

Perusahaan subholding untuk bisnis kilang pengolahan dan petrokimia Pertamina, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), sukses meraih kinerja operasi di atas target rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) pada tiga bulan pertama tahun ini.

Direktur Utama KPI Djoko Priyono mengatakan ada sejumlah faktor yang mendorong kinerja positif tersebut, yakni optimasi kilang dan efisiensi biaya operasional.

“Optimasi kilang dilakukan dengan menghasilkan produk bernilai tinggi sesuai dengan pergerakan crack spread. Optimasi juga dilakukan pada proses pengadaan minyak mentah,” ujar Djoko melalui keterangan tertulis yang diterima Katadata.co.id, Rabu (19/5).

Sebagai informasi, crack spread yaitu perbedaan antara harga minyak mentah sebagai bahan baku dan harga produk yang dihasilkan kilang. Djoko menambahkan bahwa KPI mendapat fleksibilitas mengolah minyak mentah bagian negara agar dapat memberikan profitabilitas kilang yang lebih baik.

Upaya optimasi ini menurut Djoko berhasil menjadikan imbal hasil produk atau yield valuable product (YVP) di atas target. Persentase produksi produk bernilai tinggi, seperti produk bahan bakar minyak (BBM) dan petrokimia, realisasinya di atas 79%, lebih tinggi daripada target RKAP sekitar 78%.

Selain itu, “Plant Availability Factor (PAF) yang merupakan indikator kehandalan operasi kilang terhadap perencanaan operasi juga berhasil kami tingkatkan menjadi hampir 100%, lebih tinggi daripada versi RKAP sekitar 99%,” terang Djoko.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...