PGN Bersinergi Dengan Holding Migas Bangun Infrastruktur Gas Nasional

Image title
25 Mei 2021, 16:22
pgn, holding migas, infrastruktur gas
ANTARA FOTO/M N Kanwa/foc.
Petugas PGN melakukan pengecekan rutin stasiun pengaturan tekanan gas jaringan gas (jargas) pelanggan rumah tangga di Kawasan Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (8/7/2020). Hingga 2019 PT PGN telah membangun jargas sepanjang 3.838 Km atau sebanyak 537.936 sambungan rumah tangga (SR) yang tersebar di 17 provinsi dan 60 kabupaten/kota yang ada di Indonesia.

Perusahaan Gas Negara (PGN) berkomitmen untuk menjalin sinergi dengan holding migas Pertamina dalam mengoptimalkan layanan gas bumi. Sinergi ini guna menciptakan ketahanan dan kemandirian energi nasional.

Perusahaan gas pelat merah ini telah mengelola pipa sepanjang lebih kurang 10.688 kilometer (km), untuk mendistribusikan gas bumi ke 506.186 pelanggan yang tersebar di 17 provinsi dan mencakup 63 kabupaten atau kota. Pemerataan energi di sektor rumah tangga melalui jargas pun telah terealisasi 503.601 sambungan rumah.

Direktur Utama PGN, M. Haryo Yunianto menyatakan di umur 56 tahun ini, PGN dan Holding Migas bersepakat untuk bersama-sama memberikan tambahan value terhadap layanan dan sinergi baik BUMN maupun Pertamina Grup untuk masyarakat di seluruh pelosok negeri.

"Dukungan dari Pertamina Grup dan seluruh dewan komisaris sangat diperlukan untuk memberikan persetujuan pada program-program yang akan dilakukan ke depan. Dukungan juga diharapkan agar PGN bisa bersinergi dengan Pertamina Group," ujar Haryo dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (25/5).

Haryo menambahkan bahwa PGN juga perlu bekerja sama dengan subholding kilang yang menjadi salah satu tulang punggung bisnisnya. Dukungan tersebut diperlukan karena PGN membutuhkan alokasi gas.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati berharap bertambahnya usia PGN mendorong perusahaan untuk mempunyai semangat milenial. PGN harus terus tumbuh untuk memenuhi kebutuhan gas bumi di berbagai wilayah di Indonesia secara merata.

Tema Growing Together. Growing saya memaknai bahwa PGN akan bertumbuh secara berkelanjutan (sustainable grow). Sedangkan Together, PGN berkomitmen untuk melakukan sinergi, kolaborasi, dan integrasi baik dengan pertamina grup maupun stakeholder lainnya," kata Nicke.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...