Vietnam Temukan Virus Corona Hibrida, Gabungan Varian India & Inggris

Happy Fajrian
30 Mei 2021, 08:46
virus corona hibrida, vietnam, varian covid 19
ANTARA FOTO/REUTERS/Kham/pras/dj
Seorang pria mengendarai sepeda membawa anak-anaknya melewati sebuah jalan ditengah mewabahnya virus corona (Covid-19), di Hanoi, Vietnam, Senin (27/7/2020).

Otoritas kesehatan di Vietnam mendeteksi varian virus corona hibrida yang merupakan kombinasi dari varian Covid-19 India dan varian Inggris. Varian ini disebutkan menular dengan cepat melalui udara.

“Vietnam telah menemukan varian Covid-19 baru yang menggabungkan karakteristik dari dua varian yang ada, yang pertama kali ditemukan di India dan Inggris," kata Menteri Kesehatan Nguyen Thanh Long, seperti dikutip Reuters, Minggu (30/5).

Dia menambahkan bahwa varian India dengan mutasi yang semula milik varian Inggris sangat berbahaya. Vietnam tengah bergulat dengan meningkatnya infeksi sejak akhir April yang menyumbang lebih dari setengah dari total 6.856 kasus di sana. Sejauh ini juga telah terjadi 47 kematian.

Vietnam sebelumnya telah mendeteksi tujuh varian virus corona, yakni B.1.222, B.1.619, D614G, B.1.1.7 yang dikenal sebagai varian Inggris, B.1.351, A.23.1 dan B.1.617.2 yang dikenal sebagai varian India.

Long mengatakan Vietnam akan segera mempublikasikan data genom dari varian yang baru diidentifikasi. Menurutnya varian ini lebih menular daripada jenis yang diketahui sebelumnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengidentifikasi empat varian SARS-CoV-2 yang menjadi perhatian global. Ini termasuk varian yang muncul pertama kali di India, Inggris, Afrika Selatan, dan Brasil.

"Saat ini, kami belum melakukan penilaian terhadap varian virus yang dilaporkan di Vietnam," kata Kepala Teknis WHO untuk Covid-19 Maria Van Kerkhove, dalam pernyataan tertulisnya. “Kami bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Vietnam dan kami mengharapkan lebih banyak informasi segera."

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...