Prancis Uji Coba Konser Musik, Wajib Pakai Masker dan Tes Covid-19

Melalui konser musik ini Prancis bereksperimen untuk melihat potensi pelonggaran kegiatan masyarakat setelah menghadapi pandemi lebih dari setahun lamanya.
Image title
30 Mei 2021, 16:45
konser musik, prancis, paris,
ANTARA FOTO/Aji Styawan/foc.
Ilustrasi konser musik yang dilakukan secara drive-in, atau menonton di dalam mobil.

Konser musik di tengah pandemi corona mulai diadakan secara langsung (live) di Paris, Prancis, dengan mewajibkan para pengunjungnya melakukan tes Covid-19 dan menggunakan masker sepanjang acara berlangsung.

Salah satunya adalah konser musik yang dilakukan oleh band rock bernama Indochine yang mengadakan konser dengan 5.000 penonton di Paris Accor Arena, Paris, pada Sabtu (29/5).

Dilansir Reuters, Minggu (30/5), konser itu merupakan bagian dari eksperimen yang dilakukan oleh pemerintah setempat melihat potensi mungkin atau tidaknya melonggarkan kegiatan setelah mengalami pandemi akibat virus corona lebih dari satu tahun lamanya.

Sebelumnya, pada awal Mei 2021 Pemerintah Perancis sudah mulai memperbolehkan bisnis kafe dan restoran untuk melayani pelanggan setelah sempat ditutup selama enam bulan lamanya untuk menekan penyebaran Covid-19.

Advertisement

Salah satu pengunjung konser bernama Sandra Terrin mengatakan senang dapat membantu uji coba yang berdampak pada pengambilan keputusan dan regulasi. “Saya suka Indochine dan menonton konser selalu menyenangkan. Kegiatan ini juga dapat membantu sains. Jadi ini sama-sama menguntungkan," ujar Sandra.

Di samping itu, dengan menonton konser secara langsung, menurut Sandra dapat membantu orang- orang yang sudah kelelahan akibat pandemi atau mengalami “pandemic fatigue” dapat lebih rileks.

Ada pun, pengunjung konser yang datang itu dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama telah menjalani tes Covid-19 satu minggu sebelum konser dan hadir secara langsung di hari konser diadakan.

Kemudian 2.500 peserta konser lainnya yang dipilih untuk menonton konser secara daring di rumah untuk dijadikan sebagai kelompok pembanding. Ini untuk melihat ada atau tidaknya penyebaran Covid-19 di antara mereka.

Para peserta konser, baik yang hadir secara langsung maupun yang di rumah, nantinya akan kembali menjalani tes Covid-19 untuk memastikan kondisi masing- masing kelompok. Hasil percobaan itu akan diumumkan pada akhir Juni 2021.

Menurut data Worldometers, Prancis menempati peringkat keenam negara dengan kasus aktif Covid-19 tertinggi di dunia hingga 24 Mei 2021, di bawah Amerika Serikat (AS), India, Brasil, Iran, dan Argentina. Simak databoks berikut:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait