AS Bakal Bagikan 80 Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke Berbagai Negara

Cahya Puteri Abdi Rabbi
4 Juni 2021, 09:42
vaksin covid 19, amerika serikat, joe biden
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/hp/cf
Dado Ruvic/Illustration Botol kecil dengan label vaksin penyakit virus korona (COVID-19) Pfizer-BioNTech, AstraZeneca, dan Moderna.

Amerika Serikat (AS) berencana membagikan kelebihan 25 juta dosis vaksin virus corona miliknya kepada negara-negara lain di dunia. Mereka juga akan mempermudah negara lain yang ingin membeli vaksin produksi AS. Ini merupakan pengiriman pertama dari total 80 juta dosis yang akan dibagikan.

Presiden Joe Biden mengatakan, AS akan membagikan vaksin tanpa mengharapkan imbalan politik. Biden telah berjanji untuk membagikan jutaan dosis vaksin Covid-19 seiring tingginya disparitas vaksinasi antara negara maju dan berkembang.

"Kami membagikan dosis ini bukan untuk mengamankan bantuan atau mengekstraksi konsesi. Kami membagikan vaksin ini untuk menyelamatkan nyawa dan memimpin dunia dalam mengakhiri pandemi, dengan kekuatan teladan kami dan dengan nilai-nilai kami," kata Biden dikutip dari Reuters, Jumat (4/6).

AS akan menyumbangkan hampir 19 juta dosis vaksin melalui program berbagi vaksin internasional COVAX, dengan rincian 6 juta dosis akan dikirim ke Amerika Latin dan Karibia, 7 juta dosis ke Asia Selatan dan Tenggara, 5 juta dosis ke Afrika, dan sisanya ke Kanada, Meksiko, India dan Korea Selatan.

Sementara itu, penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan mengatakan, meski ikut berbagi vaksin melalui fasilitas COVAX yang dijalankan bersama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Gedung Putih tetap memiliki keputusan akhir terkait negara mana saja dan jumlah dosis yang akan diberikan.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...