PLN Targetkan Akuisisi Pembangkit Listrik Blok Rokan Rampung Juli

Image title
28 Juni 2021, 15:26
pln, blok rokan, pembangkit listrik blok rokan, pembangkit listrik chevron
Katadata
Ilustrasi.

PLN memastikan proses akuisisi saham di PT Mandau Cipta Tenaga Nusantara (MCTN) akan rampung pada pertengahan Juli mendatang. MCTN merupakan pengelola pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) di Blok Rokan.

Perusahaan setrum pelat merah ini berencana untuk membeli 100% saham MCTN. Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Syahril mengatakan diskusi dengan Chevron Standard Limited (CSL), selaku pemilik saham mayoritas MCTN, terkait harga masih berlangsung.

Namun dia optimis sebelum akhir Juli kesepakatan akan tercapai. "Masih berproses. Minimal dua minggu sebelum akhir juli sudah tanda tangan. Artinya sebelum itu," kata Bob kepada Katadata.co.id, Senin (28/6).

Setelah keduanya cocok mengenai harga, PLN akan masuk untuk mempersiapkan suplai ke Blok Rokan. Kemudian melakukan sinkronisasi perizinan dengan Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Menurut Bob dengan akuisisi saham penuh ini, nantinya MCTN akan menjadi anak usaha PLN. Sehingga ia memastikan tidak ada perubahan operator pada pengelolaan dari pembangkit itu. "Insya Allah pekerjanya akan tetap menjadi pekerja MCTN, yang menjadi anak usaha dari PLN," ujarnya.

Adapun komposisi kepemilikan saham MCTN awalnya 47,5% dikuasai Chevron Inc, 47,5% oleh Texaco Inc, dan 5% PT Nusa Galih Nusantara. Pada 2001, Chevron dan Texaco bergabung. Alhasil, kepemilikan sahamnya menjadi 95% oleh Chevron Standard Limited (CSL) dan 5% PT Nusa Galih Nusantara.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...