Pertamina-Sonatrach Aljazair Jalin Kerja Sama Hulu Hingga Hilir Migas

Image title
29 Juni 2021, 15:14
pertamina, sonatrach, aljazair, migas
Katadata | Dok.

Pertamina dan perusahaan energi pelat merah Aljazair, Sonatrach, menjalin kerja sama minyak dan gas (migas) dari hulu hingga hilir. Hal ini ditandai dengan penandatangan memorandum of understanding (MoU) secara daring pada Senin, 28 Juni 2021.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan di tengah krisis pandemi Covid-19 perusahaan minyak nasional seperti Sonatrach dan Pertamina harus tetap tangguh dalam memenuhi kepentingan nasional. Terutama dalam menyediakan energi bagi negara.

"Ke depan, saya sangat berharap kedua tim kerja kita dapat menindaklanjuti kesepakatan ini dengan diskusi atau lokakarya bersama dan menghasilkan kemajuan yang nyata dan menemukan solusi kreatif dalam menghadapi tantangan yang lebih besar ke depan,” ujar Nicke dalam keterangan tertulis, Selasa (29/6).

Adapun MoU ini akan mencakup potensi kolaborasi di bidang bisnis hulu dan hilir seperti eksplorasi dan produksi di Aljazair dan negara lain. Kedua, evaluasi pasokan Smooth Fluid Pertamina (SF-05) sebagai fluida pemboran di operasi hulu Sonatrach.

Ketiga, evaluasi pasokan dan pengiriman minyak mentah serta LPG dari Sonatrach ke Pertamina, keempat potensi kerja sama lainnya dalam bisnis hilir di Aljazair, dan jasa minyak juga gas. Selain itu, MoU tersebut juga mencakup potensi kerja sama di bidang energi terbarukan, khususnya solar photovoltaic, serta kegiatan penelitian dan pengembangan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...