Pertamina-Sonatrach Aljazair Jalin Kerja Sama Hulu Hingga Hilir Migas

Kerja sama antara Pertamina dan Sonatrach tidak hanya di bidang migas tetapi juga bidang energi terbarukan.
Image title
29 Juni 2021, 15:14
pertamina, sonatrach, aljazair, migas
Katadata | Dok.

Pertamina dan perusahaan energi pelat merah Aljazair, Sonatrach, menjalin kerja sama minyak dan gas (migas) dari hulu hingga hilir. Hal ini ditandai dengan penandatangan memorandum of understanding (MoU) secara daring pada Senin, 28 Juni 2021.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan di tengah krisis pandemi Covid-19 perusahaan minyak nasional seperti Sonatrach dan Pertamina harus tetap tangguh dalam memenuhi kepentingan nasional. Terutama dalam menyediakan energi bagi negara.

"Ke depan, saya sangat berharap kedua tim kerja kita dapat menindaklanjuti kesepakatan ini dengan diskusi atau lokakarya bersama dan menghasilkan kemajuan yang nyata dan menemukan solusi kreatif dalam menghadapi tantangan yang lebih besar ke depan,” ujar Nicke dalam keterangan tertulis, Selasa (29/6).

Adapun MoU ini akan mencakup potensi kolaborasi di bidang bisnis hulu dan hilir seperti eksplorasi dan produksi di Aljazair dan negara lain. Kedua, evaluasi pasokan Smooth Fluid Pertamina (SF-05) sebagai fluida pemboran di operasi hulu Sonatrach.

Advertisement

Ketiga, evaluasi pasokan dan pengiriman minyak mentah serta LPG dari Sonatrach ke Pertamina, keempat potensi kerja sama lainnya dalam bisnis hilir di Aljazair, dan jasa minyak juga gas. Selain itu, MoU tersebut juga mencakup potensi kerja sama di bidang energi terbarukan, khususnya solar photovoltaic, serta kegiatan penelitian dan pengembangan.

Nicke berharap Sonatrach memberikan dukungan untuk program dan rencana perluasan operasi Pertamina di Aljazair untuk tahun-tahun mendatang.

Direktur Utama Sonatrach Hakkar Toufik mengatakan penandatanganan ini merupakan hubungan kerja sama yang baik. Sebab di dalamnya terdapat peluang investasi baru bagi kedua belah pihak.

Untuk itu, ia ingin memperkuat hubungan kerja sama dengan Pertamina melalui peluang investasi baru dalam bidang minyak dan gas di Aljazair. Pihaknya akan memulai diskusi dengan Pertamina untuk berbagi pengalaman dan pemahaman yang sejalan dalam isu ini serta mencari solusi.

"Kami yakin kedua belah pihak akan sama-sama berusaha untuk memperkuat kerja sama dan mencapai kesepakatan,” katanya.

Reporter: Verda Nano Setiawan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait