Pertamina: Progres Kilang Balikpapan Hingga Akhir Juni Capai 35,7%

Image title
30 Juni 2021, 16:21
kilang balikpapan, pertamina,
Arief Kamaludin | Katadata
Kilang Balikpapan.

Pertamina melaporkan progres proyek pengembangan Refinery Development Master Plan (RDMP) atau kilang Balikpapan, Kalimantan Timur, saat ini telah mencapai 35,74%. Kilang Balikpapan termasuk dalam daftar proyek strategis nasional.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Ifki Sukarya menyampaikan bahwa Kilang Pertamina Balikpapan sebagai penanggung jawab proyek telah melaksanakan acceleration meeting dengan joint operation (JO) pelaksana proyek.

Advertisement

Proyek ini juga telah mencapai sejumlah tonggak pencapaian (milestones) di RDMP Balikpapan yakni pengiriman 3 unit boiler, dan alkylation reactor pada triwulan I 2021, serta operasional acceptance relocation flare dan pengiriman 5 unit steam turbine generator pada triwulan II.

“Demi kemandirian energi negeri dan untuk menjaga profitabilitas Kilang Balikpapan, RDMP tetap harus melaju cepat dengan langkah yang tepat. Kilang untung, bangsa untung,” kata Ifki dalam keterangan tertulis, Rabu (30/6).

Proyek RDMP Kilang Balikpapan terdiri dari dua fase. Pada fase I yang ditargetkan selesai 2024, Kilang Balikpapan akan meningkatkan kapasitas produksi Kilang RU V Balikpapan dari 260 ribu barel per hari (kbpd) menjadi 360 kbpd dan menghasilkan produk-produk berkualitas yang memenuhi standar Euro V.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement