Berproduksi Tahun Ini, Progres Proyek Jambaran Tiung Biru Capai 90%

Image title
30 Juni 2021, 17:03
Pekerja beraktivitas di area Proyek Pengembangan Lapangan Gas Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) usai prosesi Tajak Sumur di Desa Bandungrejo, Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (9/10/2019). Proyek Jambaran-Tiung Biru (JTB) yang dikelola oleh PT PEPC merupakan
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Pekerja beraktivitas di area Proyek Pengembangan Lapangan Gas Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) usai prosesi Tajak Sumur di Desa Bandungrejo, Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (9/10/2019).

SKK Migas menyampaikan bahwa progres pembangunan proyek Lapangan Gas Jambaran Tiung Biru (JTB) secara keseluruhan telah mencapai 90%. Adapun proyek ini ditargetkan akan beroperasi pada akhir tahun 2021.

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno optimistis proyek JTB dapat rampung pada akhir tahun ini. Proyek tersebut awalnya ditargetkan beroperasi pada Juli 2021, namun terpaksa harus bergeser karena pandemi Covid-19.

"Progres secara keseluruhan sudah mencapai 90%. JTB diusahakan onstream akhir tahun ini," kata Julius kepada Katadata.co.id, Rabu (30/6).

Menurut dia Pertamina EP Cepu selaku operator tengah merampungkan pekerjaan seperti tahapan konstruksi dan system completion. Meski di tengah kondisi Covid-19 yang belum reda, ia optimistis pekerjaan tersebut dapat dilakukan dengan baik dan lancar.

SKK Migas awalnya menargetkan dua Proyek Strategis Nasional dapat beroperasi tahun ini. Selain proyek JTB, proyek Tangguh Train 3 juga ditargetkan dapat selesai tahun ini. Namun karena pandemi, terpaksa target harus bergeser.

"Tangguh Train 3 onstream-nya bergeser ke tahun depan karena merebaknya Covid-19 di lapangan beberapa waktu yang lalu," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...