10 Produsen Batu Bara yang Menikmati Bangkitnya Harga di Semester I

Image title
5 Juli 2021, 15:30
batu bara, harga batu bara, produsen batu bara
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/hp.
Foto udara tempat penumpukan sementara batu bara di Muarojambi, Jambi, Selasa (21/4/2020).

Harga batu bara terus merangkak naik setelah sempat terpuruk sepanjang 2020 imbas pandemi Covid-19 yang membuat permintaan energi turun. Melansir dari Barchart.com, harga batu bara di pasar ICE NewCastle untuk kontrak Juli 2021 telah mencapai US$ 139,25 per metrik ton.

Sebelumnya harga batu bara sempat menyentuh US$ 44 per metrik ton. Sama halnya dengan harga batu bara acuan Indonesia yang terus bangkit menembus US$ 100,33 pada Juni 2021 setelah sempat terpuruk ke US$ 49,42 pada September 2020.

Bangkitnya harga emas hitam menguntungkan produsen komoditas ini di dalam negeri. Kementerian ESDM mencatat 10 produsen batu bara terbesar yang berkontribusi terhadap capaian realisasi produksi hingga semester I 2021.

"Ada 10 produsen batu bara terbesar, untuk sampai semester I 2021," Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Batu Bara Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian ESDM Sujatmiko kepada Katadata.co.id, Senin (5/7).

Adapun kesepuluh perusahaan tersebut di antaranya yakni Kaltim Prima Coal, Adaro Indonesia, Kideco Jaya Agung, Borneo Indobara, Berau Coal, Bukit Asam (PTBA), Bara Tabang, Arutmin Indonesia, Multi Harapan Jaya, dan Indexim Coalindo.

Meski demikian, Sujatmiko tak dapat membeberkan secara rinci mengenai realisasi produksi dari masing-masing perusahaan tersebut. "Saya infokan daftar namanya saja ya," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...