Genjot Bauran EBT, Pemerintah Wacanakan Nusantara Super Grid

Image title
7 Juli 2021, 15:11
nusantara super grid, energi baru terbarukan, ebt,
ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Pekerja melakukan perawatan jaringan listrik di Jakarta, Jumat (12/7/2019). Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengatakan tarif listrik pada 2019 tidak ada perubahan karena kurs rupiah sejauh ini jauh lebih kuat daripada yang diasumsikan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 dan Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) PLN 2019, yaitu Rp15.000 per dolar Amerika Serikat.

Pemerintah terus berupaya menggenjot bauran energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia. Salah satunya melalui konsep Nusantara Super Grid yang merupakan gagasan interkoneksi kelistrikan antar pulau di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial mengatakan wacana interkoneksi antar pulau merupakan solusi yang potensial dalam rangka meningkatkan pengembangan EBT. Khususnya dengan tetap menjaga kestabilan dan keamanan sistem kelistrikan.

Menurut Ego, dengan adanya super grid ini, jaringan listrik antar pulau besar akan saling terhubung. Sehingga memungkinkan untuk setiap wilayah dapat melakukan ekspor-impor listrik yang bersumber dari sumber energi terbarukan.

"Ini memungkinkan setiap wilayah untuk mengimpor dan mengekspor pasokan listrik di saat adanya krisis kekurangan atau kelebihan energi berbasis EBT," kata dia dalam diskusi secara virtual, Rabu (7/7).

Pendiri Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia (PJCI) Eddie Widiono menilai konsep Nusantara Super Grid sangat tepat untuk Indonesia sebagai negara kepulauan. Khususnya untuk di Indonesia timur dengan pusat beban yang berada di Indonesia barat.

"Oleh karena itu kami mendorong pemikiran Nusantara Super Grid. Dengan suatu pemikiran Nusantara Super Grid ini salah satu objektifnya untuk mengintegrasikan sumber-sumber renewable energy," ujarnya.

Pemerintah sendiri memang telah memasukkan program interkoneksi sebagian dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) yang saat ini masih dibahas. Namun khusus untuk Nusantara Super Grid masih dalam tahap penggodokan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...