Pertamina Raih Kontrak Impor Minyak Mentah Langsung dari NNPC Nigeria

Image title
12 Juli 2021, 16:10
pertamina, impor minyak, nigeria, nnpc
Katadata | Dok.

Kilang Pertamina Internasional (KPI), berhasil mendapatkan kontrak impor minyak mentah dari Nigerian National Petroleum Corporation (NNPC) secara jangka panjang. NNPC merupakan perusahaan migas pelat merah Nigeria.

Pada umumnya minyak mentah Nigeria dipasarkan di market internasional oleh international oil company (IOC) yang memiliki hak partisipasi, seperti Exxon Mobil, Chevron, Shell, Total, dan BP. Oleh karena itu, dengan kesepakatan langsung Pertamina dan NNPC, proses pengadaan minyak mentah dapat berjalan lebih efisien.

Advertisement

“Tentu dengan mendapatkan kontrak secara langsung akan lebih efisien dimana hal tersebut sejalan dengan rencana optimasi feedstock kilang ke depan,” kata Direktur Optimasi Feedstock & Produk KPI Yoki Firnandi dikutip dari Energia Weekly Pertamina, Senin (12/7).

Adapun kontrak impor minyak mentah berlaku mulai dari 2021 hingga 2023. Pasokan itu rencananya guna memenuhi kebutuhan kilang Pertamina. Sebelumnya pada periode 2017-2020 sebanyak 30% volume minyak mentah impor berasal dari Nigeria.

“Nigeria merupakan source Impor Minyak Mentah kedua terbesar Pertamina, setelah suplai Minyak Mentah Arabian Light Crude ke FOC I RU IV Cilacap dari NOC Arab Saudi Aramco,” ucap VP Feedstock & Inventory Management Sani Dinar Saifuddin.

Tak hanya itu, melalui kontrak secara langsung, KPI bersinergi dengan Subholding Shipping, Pertamina International Shipping (PIS), dalam hal transportasi angkutnya. Seperti kita ketahui baru baru ini PIS telah sukses luncurkan 2 kapal tanker minyak barunya yakni MT Pertamina Prime dan MT Pertamina Pride.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement