PGN Koordinasi dengan Kementerian ESDM untuk Ambil Alih Proyek Cisem

Image title
13 Juli 2021, 14:45
proyek cisem, pgn, kementerian esdm
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi. Proyek pipa gas.

Perusahaan Gas Negara (PGN) berniat untuk mengambilalih proyek pembangunan transmisi pipa gas ruas Cirebon-Semarang (Proyek Cisem). Hal ini setelah subholding gas tersebut berkoordinasi dengan Kementerian ESDM.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, Heru Setiawan, mengatakan bahwa pihaknya saat ini terus berkoordinasi dengan Kementerian ESDM untuk pembangunan proyek Cisem. Adapun dalam koordinasi tersebut pembangunan proyek akan diprioritaskan terlebih dahulu dari Semarang-Batang.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian ESDM. Kita prioritas dari Semarang-Batang, sehingga nanti ada pasokan gas ke Batang melalui jaringan Semarang-Batang yang akan dilanjutkan antar Batang-Cirebon," ujar dia dalam diskusi Investor Daily Summit 2021, Selasa (13/7).

Meski demikian, secara prioritas akan ada gas yang nantinya mengalir ke Kendal. Selain untuk kawasan industri, gas di Kendal juga diperuntukkan untuk stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG).

"Ada beberapa perubahan dalam rangka untuk memberikan pelayanan maupun energi yang terjangkau. Kami ingin investasi kami sejalan dengan pengembangan di daerah dan di pusat," katanya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengeluhkan pembangunan pipa gas ruas Cirebon-Semarang yang hingga kini tak kunjung menemui titik terang. Padahal rencana pembangunannya sudah cukup lama sekali.

Untuk itu, ia setuju jika pembangunan proyek Cisem ini akan nantinya memakai anggaran pendapatan dan belanja negara alias APBN. "Saya sepakat kalau memang bisa dilakukan Semarang-Batang dulu itu cukup bisa membantu. Cisem ini sangat penting untuk didorong," ujarnya.

BPH Migas sebelumnya menyampaikan kelanjutan proyek pembangunan transmisi pipa gas ruas Cirebon-Semarang akan diputuskan bulan ini. Pasalnya, PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) selaku pemenang lelang kedua telah mengumpulkan sejumlah persyaratan dalam proyek tersebut.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...