Harga Minyak Membaik, SKK Migas Evaluasi Belasan Proyek Migas Mangkrak

Image title
14 Juli 2021, 08:02
skk migas, blok migas, lapangan migas, proyek migas
123RF.com/sergeiminsk
Ilustrasi.

SKK Migas mengevaluasi sejumlah rencana pengembangan (plan of development/POD) lapangan atau blok migas untuk dapat segera berproduksi. Hal tersebut seiring dengan naiknya harga minyak mentah yang diharapkan dapat membuat proyek migas menjadi ekonomis.

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan beberapa POD mangkrak, kemudian proyek yang ditangguhkan dan yang dibatalkan merupakan pekerjaan rumah yang cukup berat karena berbagai masalah. Seperti kondisi internal keuangan dari KKKS yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan proyek dan sebagainya.

Banyak proyek yang saat ini tengah dikaji ulang oleh SKK Migas untuk dapat dilanjutkan mengingat asumsi-asumsi yang digunakan pada waktu persetujuan POD dapat berubah secara signifikan. Sehingga keekonomiannya dapat dievaluasi.

Meski demikian Julius tak memerinci secara detail proyek mana saja yang akan dilanjutkan. "Saya tidak hafal jumlahnya. Tapi sekitar belasan dan masih di-review ulang dengan pertimbangan komersialisasinya," ujar Julius kepada Katadata.co.id, Selasa (13/7).

Adapun guna dapat merealisasikan proyek tersebut, Julius berharap agar ada pemberian insentif tambahan. Pasalnya setiap lapangan mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Simak kinerja lifting migas pada databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...