Target 1 Juta Barel akan Dongkrak Nilai Pertanggungan Asuransi Migas

Industri asuransi memiliki peran penting dalam melindungi proyek hulu migas yang berisiko tinggi.
Image title
14 Juli 2021, 13:42
asuransi, migas, pertamina
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Petugas beraktifitas di sekitar Rig (alat pengebor) elektrik D-1500E di Daerah operasi pengeboran sumur JST-A2 Pertamina EP Asset 3, Desa kalentambo, Pusakanagara, Subang, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

Pertamina Hulu Energi (PHE) menyampaikan peran industri asuransi untuk proyek hulu migas saat ini masih cukup penting. Mengingat bahwa sifat bisnis dan usaha di sektor hulu migas memiliki risiko yang tinggi.

Manager Financial Risk and Insurance PHE, Deddy Adrian, mengatakan asuransi pada proyek migas sangat berperan penting, terutama sebagai penjamin risiko yang diselenggarakan oleh Pertamina di sektor hulu migas.

Hal tersebut terbukti dari dua insiden yang pernah dialami oleh PHE pada proyek hulu migas beberapa waktu silam. Pertama, pada 2012 terjadi anjungan miring karena tertabrak oleh kapal sehingga perlu perbaikan. PHE mengalami kerugian fasilitas hingga US$ 16 juta.

"Klaim yang kami dapat US$ 15 juta," kata Deddy dalam diskusi Peran asuransi dalam menunjang kegiatan hulu migas, Rabu (14/7).

Advertisement

"Jadi dengan adanya program 1 juta barel kita berharap kondisi ini terus meningkat, kami siap untuk meng-cover jika terjadi mitigasi risiko sehingga program itu berjalan dengan baik atau yang terjadi kerugian bisa kami atasi," ujarnya.

Untuk itu, perusahaan selalu mengupayakan pembelajaran atas setiap kejadian yang menimpa perusahaan. Salah satunya dengan melakukan risk management yang lebih terintegrasi.

Adapun sebagian besar kendala klaim menurut Deddy sejauh ini sudah ter mitigasi pada saat proses penutupan dengan standar yang ditetapkan dalam paket asuransi SKK Migas. Selain itu, klaim hulu migas bersifat reinstatement basis, long term run, cash flow issue, yang disiasati dengan pengajuan klaim secara bertahap.

Kemudian pada 2019 terjadi kebocoran gelembung gas di sekitar anjungan pengeboran sumur YYA-1 Blok Offshore North West Java (ONWJ). Adapun insiden tersebut menyebabkan kerugian total senilai US$ 182 juta.

"Polis asuransi yang menjamin kerugian terkait ini ada beberapa meliputi polis asuransi sumur, konstruksi dan TPL dengan limit US$ 138 juta," ujarnya.

Sehubungan dengan market reasuransi upstream di luar negeri, Deddy menilai perlunya dukungan regulator atas waktu persetujuan klaim dari reasuransi agar tidak lama.

Direktur Bisnis Strategis PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), Syah Amandaris mengatakan tren nilai pertanggungan yang dibayarkan oleh konsorsium asuransi untuk proyek hulu migas terus meningkat. Terutama dari tahun 2010 hingga puncaknya pada 2017.

Adapun dari pertanggungan tersebut meliputi aset industri, sumur dan aset LNG yang nilainya mencapai sekitar US$ 48 miliar. Ia pun optimis nilai pertanggungan asuransi pada proyek hulu migas akan semakin meningkat seiring target produksi 1 juta barel.

Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas, Arief Setiawan Handoko, SKK Migas menilai keterlibatan industri migas sejauh ini masih mempunyai peran yang cukup besar. Terlebih saat ini SKK Migas mempunyai target produksi minyak sebesar 1 juta barel per hari pada 2030.

Menurut Arief keterlibatan asuransi dalam industri hulu migas sebenarnya sudah cukup panjang, bahkan sebelum era Badan Pelaksana Minyak dan Gas Bumi (BP Migas). "Industri asuransi sebagai penanggung risiko telah banyak berperan dalam mendukung hulu migas," ujarnya.

Arief menyebut selama ini asuransi terbukti mampu menunaikan janjinya dan cukup banyak klaim yang dapat diselesaikan dengan baik. Sehingga dapat mengurangi kerugian yang diderita oleh KKKS.

Selain itu, pihak asuransi juga telah mampu menekan nilai premi seefisien mungkin dengan menjaga term condition yang komprehensif, meskipun di tengah gejolak kondisi pasar internasional yang fluktuatif dan tidak pasti.

Reporter: Verda Nano Setiawan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait