Tanda Tanya Pengelolaan Blok Jabung yang Mendekati Habis Masa Kontrak

Image title
19 Juli 2021, 13:58
blok jabung, skk migas, blok migas
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Ilustrasi.

Pemerintah hingga kini belum memutuskan terkait pengelolaan blok migas terminasi, Blok Jabung, yang akan habis masa kontraknya pada 2023. Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman mengatakan ada beberapa blok migas terminasi yang akan habis masa kontraknya.

"Ini sedang berproses mudah-mudahan terbaik buat negara. Kalau yang lainnya ini agak panjang dan juga ada kadang-kadang keekonomian, apabila mau mengembangkan melewati batas limit dari skema cost recovery perlu diskusi dengan pemerintah," ujarnya dalam Jumpa Pers Kinerja Hulu Migas Semester I tahun 2021, Jumat (16/7).

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan nasib pengelolaan Blok Jabung akan diputuskan segera dalam waktu dekat. Sementara, terkait blok terminasi lainnya juga telah didiskusikan untuk segera ditindaklanjuti.

"Salah satunya kami bersurat di JOB Pertamina Medco Tomori. Kami undang Pertamina-Medco untuk segera ajukan proposal. Kami mulai melakukan evaluasinya agar membuat kepastian untuk menjalankan program kerjanya," kata dia.

Untuk diketahui, pemerintah memang belum memutuskan siapa operator untuk mengelola Blok Jabung berikutnya. Namun berdasarkan kabar terakhir, PetroChina dan Pertamina kembali bergabung untuk mengajukan penawaran pengelolaan secara bersamaan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...