Genjot Produksi Blok Rokan, Pertamina akan Bor 161 Sumur Tahun ini

Image title
22 Juli 2021, 19:15
blok rokan, pertamina, produksi, pengeboran
KATADATA
Ilustrasi pengeboran minyak.

Pertamina Hulu Rokan (PHR) tahun ini berencana mengebor setidaknya 161 sumur di Blok Rokan setelah proses alih kelola dari Chevron Pacific Indonesia (Chevron) rampung pada 9 Agustus mendatang.

Target tersebut lebih tinggi dibandingkan sebelumnya sebanyak 84 sumur. Direktur Utama PHR, Jaffee Arizon Suardin, menjelaskan bahwa ada tambahan target pengeboran sebanyak 77 sumur dari komitmen Chevron yang belum rampung sampai dengan masa alih kelola.

"Untuk itu persiapan terus kami lakukan. Pertamina sudah siap dari sisi jumlah rig sebanyak 16 hingga 17 rig, sumber daya manusia, dan material pendukungnya," ujarnya dalam Diskusi Virtual: Menjaga Keandalan Operasi Wilayah Kerja Rokan secara virtual, Kamis (22/7).

Dia menambahkan bahwa Pertamina tengah memetakan pengembangan blok migas terbesar di Indonesia ini sehingga produksinya tidak tertahan, namun bisa ditingkatkan

Wakil Kepala SKK Migas, Fatar Yani Abdurrahman, menjelaskan bahwa tidak tercapainya target pengeboran yang dikerjakan Chevron pada masa transisi ini karena terganjal pengadaan rig. Fatar mengatakan Chevron membutuhkan setidaknya 10 rig, namun hanya 6 rig yang sesuai dengan spesifikasi dan bisa digunakan.

Pasalnya Chevron hanya memiliki waktu kurang dari 10 bulan sejak penandatanganan komitmen investasi pada September 2020. Sedangkan pengeboran membutuhkan persiapan 2-3 bulan. "Oleh karena itu kami inisiatif jadikan satu program saja," kata Fatar.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...