Harga Batu Bara Tinggi, Dirjen Minerba Pastikan Pasokan untuk PLN Aman

Image title
23 Juli 2021, 15:40
batu bara, pln, dmo, kementerian esdm
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.
Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Barito, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Sabtu (13/6/2020).

Kementerian ESDM memastikan pasokan batu bara untuk kebutuhan dalam negeri atau domestic market obligations (DMO) di sektor kelistrikan tercukupi. Hal ini menjawab kekhawatiran PLN terkait komitmen produsen batu bara dalam memenuhi kebutuhan DMO.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin mengatakan komitmen produsen batu bara dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri hingga sampai saat ini cukup bagus. Sekalipun sanksi terhadap produsen batu bara yang tidak memenuhi persentase DMO telah dihapuskan.

Di samping itu, Kementerian ESDM juga telah beberapa kali menggelar rapat bersama PLN dan perusahaan batu bara guna membahas persoalan ini. Sehingga ia meyakini para produsen akan kooperatif.

"Minerba sudah beberapa kali rapat dengan PLN dan perusahaan batu bara, serta berkirim surat untuk memastikan pasokan batubara kepada PLN mencukupi," ujarnya kepada Katadata.co.id Jumat (21/7).

Sementara itu, Direktur Energi Primer PLN Rudy Hendra Prastowo menilai kenaikan harga batu bara saat ini dapat berpengaruh terhadap operasional perusahaan. Untuk itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian ESDM guna memastikan pasokan batu bara ke dalam negeri dapat terpenuhi. "Agar pasokan berjalan baik," ujarnya.

Adapun hingga semeser I ini, realisasi produksi batu bara untuk kebutuhan pembangkit listrik tenaga uap PLN telah mencapai 33 juta ton. Angka ini masih jauh dari rencana konsumsi batu bara PLN tahun 2021 yang sekitar 121 juta ton.

PLN sebelumnya meminta agar produsen batu bara tetap memenuhi komitmennya dalam memasok kebutuhan dalam negeri, terutama untuk pembangkitan listrik. Hal ini seiring naiknya harga batu bara yang telah tembus di atas US$ 140 per ton.

Simak perkembangan harga batu bara acuan Indonesia pada databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...