Windy Cantika, Atlet Muda Peraih Medali Pertama RI di Olimpiade 2020

Happy Fajrian
24 Juli 2021, 20:51
windy cantika, medali, olimpiade,
Sigit Kurniawan/Antara
Windy Cantika Aisah, lifter muda penyumbang medali pertama Indonesia di perhelatan Olimpiade Tokyo 2020.

Windy Cantika Aisah berhasil menyumbangkan medali pertama bagi Indonesia dalam perhelatan Olimpiade Tokyo 2020. Ia mendapat medali perunggu setelah berjuang dalam cabang olahraga angkat besi kelas 49 kg.

Dalam konferensi pers secara virtual, Windy yang didampingi pelatihnya, Dirja Wihardja, mengungkapkan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak. “Terima kasih kepada Allah, keluarga, pelatih, juga Pak Presiden dan Pak Menteri,” ucap Windy, Sabtu (24/7).

Advertisement

Di usia yang masih belia dan melakukan debutnya di ajang Olimpiade, mendapatkan medali adalah kejutan bagi Windy yang baru menginjak usia 19 tahun. “Di umur 19 tahun udah bisa ikut Olimpiade, ngasih medali juga. Ini kejutan bagi saya karena ini Olimpiade pertama,” ungkapnya.

Dirja Wihardja, pelatih Windy menambahkan, kemenangan pada cabang olahraga angkat besi harus mendorong atlet lain bisa berbuat maksimal. “Medali pertama ini momentum untuk rekan-rekan lain di Olimpiade, semoga bisa maksimal,” ujar Dirja.

Windy berhasil mendapatkan perunggu dengan total angkatan seberat 194 kg. Rinciannya adalah disiplin snatch 84 kg dan clean and jerk 110 kg.

Mengikuti Jejak Sang Ibu

Perempuan kelahiran Bandung, 11 Juni 2002 ini lahir dari rahim seorang atlet angkat besi. Ibunya, Siti Aisah, merupakan atlet nasional angkat besi yang pernah menorehkan prestasi internasional pada tahun 1987.

Oleh karena itu, ibunya merupakan pelatih pertama bagi Windy yang mulai menggeluti olahraga ini sejak usia 12 tahun. Saat itu, Windy oleh ibunya dimasukkan ke klub angkat besi yang diasuh oleh Maman Suryaman, atlet nasional angkat besi yang masih rekan sang ibu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement