Kelola Blok Rokan, Pertamina Diberi Target Lifting Minyak 170.000 bph

Image title
3 Agustus 2021, 11:19
lifting minyak, blok rokan, pertamina, chevron,
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Ilustrasi pengeboran minyak.

SKK Migas menargetkan level produksi siap jual atau lifting minyak Blok Rokan tahun ini dapat mencapai 170 ribu barel per hari (bph). Angka ini lebih tinggi dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021 yang sebesar 165 ribu bph.

Deputi Perencanaan SKK Migas Benny Lubiantara mengatakan bahwa agar lifting minyak Blok Rokan tahun ini bisa melampaui target APBN, Pertamina Hulu Rokan (PHR) selaku pengelola berikutnya diharapkan dapat melanjutkan program pengeboran yang telah dikerjakan Chevron Pacific Indonesia (CPI) secara masif.

"Kami berharap setelah tanggal 9 Agustus PHR akan langsung tancap gas melanjutkan program pengeboran yang lebih masif, harapannya di akhir tahun semoga produksi Rokan bisa dekat ke 170,000 BOPD (barrel of oil per day)," kata Benny kepada Katadata.co.id, Selasa (3/8).

SKK Migas dan PHR saat ini juga sedang membahas Pre-work Program and Budget (WP&B) Blok Rokan. Dalam pembahasan tersebut produksi blok migas terbesar di Indonesia ini bahkan ditargetkan dapat naik mencapai 180 Ribu BOPD pada 2022.

Menurut Benny saat ini semua pihak tengah fokus agar proses alih kelola yang akan berlangsung pada 9 Agustus mendatang dapat berjalan lancar. Bahkan tim transisi yang terdiri dari SKK Migas, CPI, dan PHR hampir setiap hari menggelar rapat secara virtual untuk meyakinkan progres dari semua target tim transisi terpenuhi.

Adapun isu proses alih kelola yang saat ini terus dibahas diantaranya yakni mulai dari migrasi data, pengeboran sumur, IT, kontrak, proyek EOR, listrik, SDM, dan lainnya. "Semua sejauh ini progresnya sangat baik. Kami berharap mudah-mudahan alih kelola Blok Rokan bisa jadi contoh proses transisi yang mulus," kata dia.

Simak kinerja lifting minyak Chevron di Blok Rokan pada databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...