SKK Migas Kawal Pengalihan Kontrak Vendor Barang/Jasa Blok Rokan

Image title
3 Agustus 2021, 14:18
blok rokan, alih kelola blok rokan, skk migas
Katadata
Ilustrasi.

SKK Migas terus mengawal proses alih kelola Blok Rokan agar berjalan dengan baik. Salah satu proses paling penting yakni pengalihan kewajiban yang ada di kontrak-kontrak pengadaan barang/jasa, termasuk didalamnya kontrak untuk vendor lokal Riau.

Oleh karena itu, SKK Migas bersama dengan Chevron Pacific Indonesia (CPI) dan Pertamina Hulu Rokan (PHR) menggelar vendor day. Kegiatan ini diselenggarakan secara virtual pada Minggu (1/8), dan dihadiri lebih dari 550 penyedia barang/jasa.

Plt Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Migas Rudi Satwiko mengatakan bahwa alih kelola blok migas terbesar di Indonesia ini membutuhkan dukungan dari berbagai pihak termasuk para vendor.

"Vendor day cukup efektif sebagai upaya untuk memastikan kontrak dan suplai tetap berjalan lancar saat terjadi alih kelola dari CPI ke PHR. Ini ," ujar Rudi dalam keterangan tertulis dikutip pada Selasa (3/8).

Ia menambahkan bahwa Blok Rokan berkontribusi rata-rata 46% terhadap produksi minyak nasional. Meskipun saat ini produksinya turun menjadi hanya 24% dari nasional. Namun potensi Blok Rokan dinilai masih menjanjikan, sehingga blok ini akan terus dikembangkan.

VP Procurement & Contract CPI Sigit Pratopo menyampaikan proses mengawal transisi blok Rokan sudah berjalan selama 2 tahun. Hal ini menunjukkan komitmen CPI untuk menjaga operasional blok ini agar tetap optimal, termasuk penyediaan barang dan jasa oleh para vendor.

“Kami semua berharap, pelaksanaan transisi berjalan secara mulus, tanpa kendala, selamat, akuntabel handal dan lancar. Selama persiapan terminasi dan transisi CPI telah menyampaikan data dan informasi kepada SKK Migas dan PHR," katanya.

Simak kinerja lifting minyak Blok Rokan pada databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...