Progres Sudah 98%, Pertamina Siap Kelola Blok Rokan Pekan Depan

Image title
4 Agustus 2021, 12:21
blok rokan, alih kelola blok rokan, pertamina, chevron
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi.

Pertamina terus melakukan persiapan jelang alih kelola Blok Rokan dari PT Chevron Pacific Indonesia pada 9 Agustus mendatang. Adapun per tanggal 2 Agustus kemarin progres persiapan telah mencapai 98%.

Corporate Secretary Subholding Upstream Pertamina Whisnu Bahriansyah menjelaskan, Pertamina saat ini tengah membereskan beberapa proses peralihan yang belum rampung. Misalnya terkait administrasi, termasuk dokumen legal.

"Per tanggal 2 Agustus 2021 progres persiapan telah mencapai 98%, dan ditargetkan sebelum tanggal 8 Agustus 2021 persiapan telah tuntas 100%," kata Whisnu kepada Katadata.co.id, Rabu (4/8).

Sebelumnya, pada Senin (2/8), Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Jaffee A Suardin telah menemui Gubernur Riau Syamsuar. Dalam pertemuan tersebut, Jaffee mengatakan PHR siap untuk masuk dan mengelola Blok Rokan.

Sejumlah persiapan transisi sudah dilakukan, termasuk terkait dengan pekerja PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) yang menjadi pekerja PT PHR. Sebanyak 2.691 pekerja CPI telah setuju untuk bergabung dengan PHR. Sehingga nantinya operasional Blok Rokan akan dikerjakan oleh tim lama.

"Kemudian untuk kontrak kerja kami juga sudah melakukan mirroring dengan CPI dan sudah mencapai 100%," kata Jaffee.

Jaffee juga menyampaikan rencana seremoni alih kelola Blok Rokan dari CPI ke PHR yang akan dilakukan pada pergantian hari tanggal 8 ke 9 Agustus 2021 kepada Gubernur Riau. Kegiatan tersebut akan dilakukan secara daring (online) dengan mengundang Forkopimda Provinsi Riau dan tujuh kepala daerah wilayah kerja Blok Rokan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...