Pertamina Kirim Perdana Minyak Blok Rokan ke Kilang Cilacap & Balongan

Image title
16 Agustus 2021, 13:43
blok rokan, pertamina, pengiriman minyak
Pertamina
Ilustrasi.

Pertamina Hulu Rokan (PHR) pada Sabtu (14/8) melakukan pengiriman perdana minyak hasil produksi Blok Rokan sebanyak 350 ribu barel. Minyak dikirim melalui Dermaga Dumai yang merupakan terminal utama untuk lifting minyak mentah di Wilayah Kerja (WK) Rokan.

Minyak hasil produksi Blok Rokan dikirim menggunakan dua kapal tanker. Pengiriman pertama yakni minyak berjenis Sumatran Light Crude dengan volume 199.777 barel menggunakan kapal tanker MT Bull Damai 1 dengan tujuan kilang Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap.

Pengiriman ke dua yakni minyak jenis Duri Crude, dengan volume 150.386 barel, menggunakan kapal tanker MT Amarin Indah, dengan tujuan kilang Pertamina RU VI Balongan.

"Pengiriman perdana minyak mentah ini menunjukkan bahwa alih kelola Blok Rokan dari PT Chevron Pacific Indonesia ke PHR pada 9 Agustus lalu berjalan dengan lancar," kata Direktur Utama PHR Jaffee Arizon Suardin dalam keterangan tertulis, Senin (16/8).

Dia menambahkan bahwa pengiriman minyak untuk konsumsi domestik ini merupakan wujud dukungan Pertamina terhadap pemenuhan kebutuhan energi nasional.

Sebagai informasi, Sumatran Light Crude (SLC) adalah minyak mentah yang diproduksi dari lapangan-lapangan Minas, Bangko, Bekasap, dan Kota Batak. SLC memiliki karakteristik minyak ringan dengan kadar belerang rendah.

Sedangkan Duri Crude (DC) adalah minyak mentah yang diproduksi dari Lapangan Duri yang memiliki karakteristik minyak berat (heavy oil). Minyak berat memiliki sifat kental dengan tingkat kepekatan tinggi sehingga diperlukan teknologi injeksi uap (steam flood) untuk mengangkat lebih banyak minyak dari perut bumi.

Produksi minyak mentah dari WK Rokan akan dialokasikan ke kilang–kilang minyak dalam negeri milik Pertamina. Misalnya seperti untuk RU II Dumai, RU III Plaju, RU IV Cilacap, RU V Balikpapan dan RU VI Balongan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...