DEN Klaim Cadangan Gas RI Mampu Bertahan Lebih 20 Tahun

Image title
24 Agustus 2021, 15:58
cadangan gas
Arief Kamaludin|KATADATA
Pekerja beraktifitas di Lapangan Senipah, Peciko dan South Mahakam (SPS), tempat pengolahan minyak dan gas bumi dari Blok Mahakam, Kutai Kartanegara.

Dewan Energi Nasional (DEN) mengungkapkan Indonesia masih memiliki cadangan gas bumi yang melimpah. Menurut perhitungan DEN, cadangan tersebut dapat menopang kebutuhan domestik hingga 20 tahun ke depan.

Adapun cadangan terbukti dan potensial gas saat ini mencapai 62,4 triliun kaki kubik (tcf) dan cadangan terbukti sebesar 43,6 tcf. Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto menyebut usia cadangan gas tersebut akan meningkat apabila ditemukan cadangan baru.

Advertisement

"Syukur kita masih punya cadangan gas yang lumayan besar 62,4 tcf, bisa kira-kira 20 tahun ke depan. Ini yang sudah terbukti saja kita bisa memanfaatkan 20 tahun ke depan," katanya dalam diskusi secara virtual, Selasa (24/8).

Apalagi saat ini SKK Migas mempunyai target produksi gas sebesar 12 triliun standar kaki kubik per hari (tscfd) pada 2030. Dengan begitu, maka upaya untuk menemukan cadangan gas baru akan terus masif dilakukan.

Dalam beberapa tahun mendatang menurut Djoko akan ada proyek gas baru yang mulai bermunculan. Untuk tahun ini misalnya, ada proyek Jambaran Tiung Biru (JTB) oleh Pertamina EP Cepu dengan produksi sekitar 192 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd).

Kemudian Lapangan Merakes dengan produksi sebesar 371 mmscfd, Pertamina Hulu Sanga-Sanga 210 mmscfd, dan Pertamina Hulu Energi 295 mmscfd.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement