PGN Mulai Salurkan Gas Perdana ke Kilang Balongan Pertamina

Image title
27 Agustus 2021, 20:07
kilang balongan, gas, pgn, pertamina
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Foto udara kawasan Kilang RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Jumat (24/1/2020).

PGN hari ini, Jumat (27/8), menyalurkan perdana gas bumi (gas in) ke kilang Refinery Unit (RU) VI Balongan. Ini menjadi realisasi komitmen perusahaan gas pelat merah ini mendukung kebutuhan energi untuk kilang Pertamina. Penyaluran gas perdana ini ditandai dengan pembukaan pada metering station gas.

PGN dan Kilang Pertamina Internasional menandatangani perjanjian jual beli gas pada 30 Juli 2021 dengan volume penyaluran gas 10 bbtud yang selanjutnya ditingkatkan menjadi 27 bbtud mulai November 2021, dan 30 bbtud pada 2022-2023.

"Pemanfaatan gas bumi di kilang Balongan memberikan nilai tambah utilisasi gas bumi dan efisiensi biaya operasi di kilang Pertamina karena mengurangi pemakaian energi lain sebagai bahan bakar, dan pemanfaatan energi gas yang lebih ramah lingkungan," kata Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, Heru Setiawan.

Heru menambahkan, selain sebagai wujud komitmen dukungan PGN untuk sektor kilang Pertamina, penyaluran gas perdana ini merupakan bentuk sinergi di Pertamina Group melalui Sub Holding Refinery & Petrochemical.

“Subholding gas tengah menjalankan program gasifikasi kilang Pertamina, salah satunya di RU VI Balongan. Hal ini merupakan bentuk milestone positif pasca transformasi holding migas,” kata Heru.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...