Perlu Uji Coba Penerapan Jaringan Listrik Bersama, Dimulai dari Bali

Image title
31 Agustus 2021, 16:06
listrik, power wheeling, jaringan listrik bersama, pln
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/foc.
Dua orang pekerja memperbaiki jaringan listrik di Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (1/7/2020). Pemerintah memperpanjang program bantuan listrik bagi pelanggan rumah tangga golongan 450 VA dan 900 VA subsidi dari sebelumnya bulan April-Juni diperpanjang hingga September 2020 guna meringankan masyarakat terdampak pandemi COVID-19.

Penerapan power wheeling atau pemanfaatan bersama jaringan listrik di Indonesia masih mencari konsep yang ideal. Pengamat energi baru terbarukan (EBT) dari Universitas Indonesia (UI) menyarankan agar power wheeling diujicobakan melalui pilot project.

Direktur Tropical Renewable Energy Center UI, Dr.-Ing. Eko Adhi Setiawan menyarankan pilot project pemanfaatan bersama jaringan listrik bisa dimulai di Pulau Bali. "Perlu ada pilot project dulu, di tes dulu sehingga dapat model yang pas. Bali mulai serius dalam transisi menuju energi hijau," ujarnya, dalam diskusi secara virtual, Selasa (31/8).

Selain itu, ia juga menyarankan agar tetap membolehkan aktifitas jual-beli listrik dengan PLN sebelum menerapkan mekanisme power wheeling. Sehingga membuka kesempatan bisnis bagi masyarakat secara luas melalui PLTS atap.

"Kalau kita kembali pada Undang-Undang Dasar, sebenarnya pembangunan untuk mensejahterakan rakyat. Menurut saya ini perlu dicoba. Saya sih mendorong nanti setelah ini selesai di uji coba masyarakat bisa jual beli listrik," katanya.

Ia menyadari Indonesia sendiri saat ini belum memiliki aturan terkait jual beli listrik di pasar bebas. Pasalnya, pemenuhan pasokan listrik di Indonesia saat ini masih dikuasai oleh PLN.

Kepala CORE (Center of Excellence Community Based Renewable Energy), Universitas Udayana Prof. Ida Ayu Dwi Giriantari, Ph.D. mengatakan bahwa seiring dengan masifnya pengembangan PLTS atap, maka peran PLN sangat penting, terutama dalam penyewaan jaringan.

Penyewaan jaringan ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi persoalan intermitensi di PLTS atap. Oleh sebab itu, diperlukan transmisi dan jaringan yang kuat dari PLN. "Kami sampaikan menyewa jaringan PLN. Karena saya gak pakai baterai tapi pakai PLN. Tapi PLN bilang masih kaji terus apalagi dengan skema 1:1," katanya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...