PGN dan Total Kerja Sama Manfaatkan Infrastruktur Gas LNG Kilang Arun

Image title
31 Agustus 2021, 17:13
lng, pgn, kilang arun, total
123RF.com/Artinun Prekmoung
Ilustrasi tangki gas LNG.

TotalEnergies (Total) menjalin kerja sama dengan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dan PT Perta Arun Gas (PAG) untuk pemanfaatan infrastruktur gas di Hub Terminal Arun LNG.

Saat ini, Kilang Arun memiliki 4 unit tangki LNG dengan kapasitas 508.000 m3, atau 127.000 m3 per tangki. Kilang ini rencananya akan digunakan untuk bisnis LNG Hub baik dari sumber domestik maupun internasional.

"Total akan menggunakan dua unit LNG Tank dengan kapasitas total 207.000 m3," kata President Director PAG, Arif Widodo dalam keterangan tertulis, Selasa (31/8).

Managing Director TotalEnergies Gas & Power Asia Private Limited, Nic Poulteney, mengatakan pihaknya berencana mengirimkan kapal dari portofolio LNG di Angola untuk disimpan di Arun LNG Hub sebelum mengirimkan kargo ke pelanggan.

Perusahaan migas asal Prancis ini akan menggunakan infrastruktur gas di Arun LNG untuk menyimpan LNG dari multisumber internasional sebagai bagian dari strategi pasar LNG global. "Kami juga sangat antusias untuk berkolaborasi PAG guna memaksimalkan strategi portofolio internasional kami,” kata Poulteney.

Arif menyatakan pengapalan pertama dengan kapal LNG Cubal dari Angola yang dikirim Total dijadwalkan pada awal September tahun ini. "Kami siap menyambut pengapalan pertama,” ujarnya.

Simak kinerja produksi LNG Indonesia pada databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...