Cara Pemerintah Jaga Iklim Investasi Migas Kondusif di Tengah Krisis

Image title
1 September 2021, 16:47
investasi migas
Katadata

Pemerintah terus mengupayakan supaya iklim investasi migas di Indonesia semakin menarik. Namun tak dapat dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 telah menciptakan kondisi yang serba sulit.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan pandemi Covid-19 telah mengubah permintaan di sektor energi yang secara bersamaan juga menciptakan krisis ekonomi. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun lalu pun tercatat minus 2,7%.

Advertisement

Dia pun berharap ekonomi Indonesia dapat tumbuh positif sampai akhir tahun ini. Meski demikian, ekonomi Indonesia sangat bergantung pada evolusi virus covid-19.

"Virus ini terus bermutasi kita melihat dampaknya pada Indonesia sejak Juni-Juli sejak varian delta menyerang kita," ujarnya dalam Acara IPA Convex 2021, Rabu (1/9).

Sehingga kondisi tersebut menjadi hal yang tak pasti bagi masa depan Indonesia. Namun pemerintah akan berupaya untuk memastikan bahwa iklim investasi migas akan tetap kondusif.

Meskipun di tengah krisis, pemerintah sudah membuat suatu reformasi struktural yang sangat serius. Misalnya, mengesahkan Undang-undang Cipta kerja yang dinilai akan mampu menarik investasi.

Selain itu, pemerintah juga telah menciptakan layanan satu pintu perizinan berusaha terintegrasi elektronik melalui Online Single Submission (OSS), dan memiliki sovereign wealth fund yakni badan pengelola dana investasi untuk masa depan Indonesia.

Menurutnya sektor migas sangat berpotensi untuk berpartisipasi pada sovereign wealth fund. Pemerintah menurutnya juga akan terus mencari keseimbangan antara ekonomi, perubahan iklim dan juga permintaan energi.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement