Medco Energi Siapkan Rp 2 Triliun Kembangkan South Natuna Blok B

Image title
1 September 2021, 17:28
medco energi, belanja modal, south natuna blok b
Medco Energi
Ilustrasi, pengeboran migas lepas pantai.

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) menyiapkan dana sebesar US$ 215 juta atau lebih Rp 3 triliun untuk belanja modal tahun ini. Dari anggaran tersebut setidaknya US$ 150 juta atau sekitar Rp 2,14 triliun dialokasikan untuk kegiatan hulu migas.

VP Corporate Planning & Investor Relations Medco Energi Myrta Sri Utami mengatakan belanja modal tahun ini akan didominasi untuk proyek hulu migas. Menurutnya dari sekitar Rp 2,14 triliun tersebut, sebagian besar akan digunakan untuk pengembangan di Wilayah Kerja South Natuna Sea Block B.

Advertisement

Mengingat pada tahun lalu perusahaan menemukan tambahan cadangan minyak dan gas bumi (migas) di Sumur Eksplorasi Terubuk-5. Dari hasil pengeboran ditemukan 2.287 barel minyak per hari (bopd), 32,89 juta kaki kubik gas per hari (mmscfd), dan 304,1 barel kondensat per hari (bcpd).

"Kami masih lihat bagaimana pengembangan kedepannya di Natuna. Dari US$ 150 juta untuk migas, akan banyak dialokasi ke South Natuna Sea Block B," katanya dalam company update Medco Energi, IPA Convex 2021, Rabu (1/9).

Selain fokus di dalam negeri, Myrta mengatakan bahwa perusahaan juga fokus melanjutkan operasional lapangan yang ada di beberapa negara lainnya. Seperti di Meksiko, Timur Tengah, Tanzania, dan Asia Tenggara.

Apalagi, pasca akuisisi, aset Ophir semakin melengkapi portofolio Medco. Gabungan bisnis tersebut menjadikan Medco Energi sebagai pelaku usaha migas regional yang terkemuka di Asia Tenggara.

Medco pada 2019 lalu mengumumkan keberhasilan penyelesaian akuisisi Ophir Energy Plc terhadap seluruh penawaran tunai yang direkomendasikan. Medco mengakuisisi saham Ophir dengan harga £ 408,4 juta atau Rp 7,62 triliun (kurs Rp 18,659 per poundsterling).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement