Pertagas Bangun Stasiun Induk di Blora untuk Pasokan CNG Pulau Jawa

Image title
7 September 2021, 14:04
pertagas, pasokan gas, pasokan cng
ANTARA FOTO/Aji Styawan
Karyawan memeriksa instalasi jaringan pipa gas di kawasan Onshore Receiving Facility (ORF) atau fasilitas penerimaan gas PT Pertamina Gas (Pertagas) di Tambaklorok, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (3/10/2019).

PT Pertagas Niaga (PTGN) bagian dari afiliasi subholding gas PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan Holding Migas Pertamina saat ini tengah membangun sebuah mother station (MS) atau stasiun induk compressed natural gas (CNG) di Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Pembangunan stasiun induk ini sendiri ditargetkan akan bisa memenuhi kebutuhan gas alam bagi industri di pulau Jawa. Stasiun induk CNG ini dijadwalkan mulai beroperasi pada November 2021.

Advertisement

"Pembangunan MS di Blora ini, kami yakin mampu menyuplai kebutuhan CNG industri lebih luas lagi dengan harga yang lebih kompetitif,” ujar President Director Pertagas Niaga, Linda Sunarti, berdasarkan keterangan tertulis, Selasa (7/9).

Stasiun induk ini nantinya akan mengkompresi gas Pertamina EP Cepu ADK yang berasal dari Lapangan Alas Dara Kemuning (ADK) dengan kapasitas 3,5 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd) hingga 10-12 tahun ke depan.

Ini juga menjadi pemanfaatan perdana gas yang diproduksi dari sumur Pertamina EP Cepu ADK yang disalurkan melalui pipa yang dibangun oleh PT Pertamina Gas.

Perusahaan ini optimistis dengan adanya stasiun induk ini, distribusi CNG akan lebih cepat dan terjamin kepastian pasokannya. Di sisi lain, pembangunannya akan membuka lapangan kerja baru dan menyerap tenaga kerja lokal.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement