Ingin Kembangkan Logam Tanah Jarang, PT Timah Masih Cari Mitra

Image title
8 September 2021, 12:32
logam tanah jarang, timah, tins, pt timah
Katadata | Arief Kamaludin
PT Timah Tbk (TINS) tengah mencari mitra untuk mengekstraksi logam tanah jarang.

PT Timah Tbk menyatakan keseriusannya dalam mengembangkan rare earth element (REE) alias logam tanah jarang (LTJ) di Indonesia. Meski begitu perusahaan berkode emiten TINS ini hingga kini masih berkutat dalam pencarian mitra.

Sekretaris Perusahaan Timah Abdullah Umar Baswedan mengatakan bahwa pengembangan logam tanah jarang di Indonesia membutuhkan proses panjang. Pasalnya, logam tanah jarang hanyalah mineral ikutan dari timah.

Sehingga fokus utamanya bukanlah mencari logam tanah jarang, melainkan mineral timah. Hasil mineral ikutan tersebutlah yang nantinya akan dikumpulkan sebagai persediaan untuk kemudian diproses di kemudian hari.

"Saat ini kami sedang mencari mitra untuk memproses rare earth. Karena prosesnya panjang, kemudian dipecah-pecah sampai produk akhirnya menjadi magnet," katanya dalam acara Public Expose Live 2021 secara virtual, Rabu (8/9).

Adapun kriteria mitra yang dibutuhkan Timah utamanya adalah yang mempunyai teknologi terbukti dari sisi lingkungan. Pasalnya ada rare earth yang ada memiliki kandungan radioaktif. "Tentunya bagaimana kita melihat hasilnya, mana dari proses sini yang menguntungkan kedua belah pihak. Ini terkait dengan rare earth," katanya.

Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak sebelumnya mengatakan bahwa potensi logam tanah jarang sering dibahas. Potensinya pun digadang-gadang cukup besar, namun sesuai namanya, jenis mineral ini masih jarang keberadaannya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...