Djarum Foundation Donasi 1.000 Unit Konsentrator Oksigen

Happy Fajrian
11 September 2021, 15:51
konsentrator oksigen, djarum foundation, donasi
123rf.com/Teeraporn Skulrattanapornchai
Ilustrasi konsentrator oksigen.

Djarum Foundation mendonasikan sebanyak 1.000 unit konsentrator oksigen kepada rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Covid-19 di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Vice Program Director Baksi Sosial Djarum Foundation, Achmad Budiharto mengatakan bahwa, sebagai salah satu binaan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), perusahaan berkomitmen untuk terus terlibat aktif dalam program penanggulangan pandemi Covid-19.

Advertisement

“Kami berharap donasi konsentrator oksigen ini dapat mengantisipasi bila lonjakan pasien Covid-19 terjadi lagi. Tapi tentunya mari kita sama-sama berdoa semoga itu tidak terjadi dan Indonesia segera keluar dari pandemi,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/9).

Menurut dia, saat ini konsentrator oksigen menjadi alternatif terapi oksigen yang digunakan masyarakat. Alat ini menjadi populer karena mudah dibawa, ringan, dan tidak perlu melakukan isi ulang oksigen seperti layaknya tabung oksigen konvensional.

“Dan juga selain untuk pasien Covid-19, konsentrator oksigen dapat digunakan bagi pasien lain yang menderita penyakit di bagian pernafasan dan penurunan saturasi oksigen di dalam darah,” kata dia.

Donasi ini merupakan kelanjutan rangkaian bantuan dari Djarum Foundation sejak April 2020 guna membantu menanggulangi pandemi Covid-19 di tanah air.

Beberapa bantuan yang telah diberikan ke berbagai rumah sakit untuk membantu mempercepat pemulihan pasien saat terjadi lonjakan kasus diantaranya alat terapi oksigen High Flow Nasal Cannula (HFNC), hospital bed, air purifier, hingga ventilator.

Djarum Foundation juga memberikan perlengkapan kesehatan berupa masker, goggle, faceshield, dental protective face, baju coverall, hingga suplemen dan multivitamin kepada tenaga kesehatan yang bertugas sebagai garda terdepan penanganan Covid-19.

Adapun donasi ini telah diserahterimakan kepada Kemenperin di Semarang, Jumat (10/9). Plt Direktur Jenderal Industri Agro, Putu Juli Ardika, mengatakan bahwa kementerian mendukung berbagai program dan kegiatan oleh sektor industri untuk turut berperan menangani dampak pandemi Covid-19.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement