Setelah Blok Mahakam, Pertamina Tagih Insentif untuk Blok Migas Lain

Image title
14 September 2021, 15:17
pertamina, blok mahakam, insentif, blok migas
Arief Kamaludin|KATADATA
Pekerja sedang beraktifitas pada North Processing Unit (NPU) wilayah kerja Blok Mahakam di Kutai Kartanegara.

Pertamina Hulu Indonesia (PHI) hingga kini masih menanti pemberian insentif fiskal yang dijanjikan oleh Kementerian ESDM. Terutama untuk pengembangan Blok Sanga-Sanga dan Blok East Kalimantan.

Direktur Utama PHI Chalid Said Salim mengapresiasi langkah pemerintah yang telah memberikan persetujuan insentif fiskal untuk Blok Mahakam. Sehingga pihaknya optimis menjalankan rencana kerja yang telah ditetapkan anak usahanya yakni Pertamina Hulu Mahakam.

Untuk itu, PHI berharap agar pengajuan insentif Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) yang mengelola Blok Sanga-Sanga, serta Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) yang mengelola Blok East Kalimantan, dapat segera disetujui. Mengingat hal ini akan berdampak positif baik bagi pemerintah maupun perusahaan.

"Ini KKKS dengan skema gross split. Kami percaya Kementerian ESDM akan pastikan blok migas ini miliki bagi hasil yang agresif yang akan untungkan semua pihak," kata dia dalam webinar Perkembangan Kondisi Lingkungan Politik-Ekonomi Industri Hulu Migas Nasional, Selasa (14/9).

Menurut dia pemberian insentif cukup penting untuk memelihara keekonomian aset blok migas. Keberlanjutan investasi sangat diperlukan untuk mempertahankan tingkat produksi dan keberlangsungan migas hingga akhir kontrak.

Selain itu, pemberian insentif juga akan berdampak pada penerimaan negara hingga akhir kontrak selesai. Tak hanya itu, pemberian insentif juga akan mendukung keberlangsungan penjualan LNG domestik dan ekspor.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...