Permintaan Pulih, PLN Pasok Listrik 260 MVA ke Tambang Emas di Jatim

Image title
16 September 2021, 11:34
pln, listrik, tambang emas
ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Pekerja melakukan perawatan jaringan listrik PLN di Jakarta.

PLNdan PT Bumi Suksesindo (BSI) menandatangani memorandum of understanding (MoU) untuk penyediaan listrik sebesar 260 megavolt ampere (MVA) untuk pengembangan wilayah tambang emas di Banyuwangi, Jawa Timur.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril menyatakan bahwa PLN memastikan kesiapannya untuk memenuhi kebutuhan listrik pelanggan, khususnya industri pertambangan. Dengan kerja sama ini industri bisa fokus mengembangkan bisnisnya untuk dapat lebih efisien.

Guna menunjang kebutuhan listrik industri, saat ini PLN tengah membangun infrastruktur jaringan listrik 500 kilovolt ampere (kVA) di wilayah Banyuwangi. Jaringan ini nantinya akan menghubungkan sistem kelistrikan Jawa bagian Timur.

"Kami akan memperkuat jaringan kelistrikan di seluruh Indonesia, khususnya di Jawa sehingga ini bisa menjadi jaminan kepada dunia Industri untuk melakukan pengembangan dan meningkatkan investasi di Indonesia," kata Bob dalam keterangan tertulis, Kamis (16/9).

Di samping itu, PLN mencatat pertumbuhan konsumsi listrik juga sudah mulai membaik. Tahun ini, pemerintah menargetkan konsumsi listrik bisa tumbuh 4,5%. Sementara menurut Bob pertumbuhan konsumsi listrik dari sektor industri telah melesat hingga 10,5% hingga Agustus ini.

"Ini sebagai sinyal positif bahwa ekonomi kembali bergeliat. Di satu sisi, kami sebagai penyedia kelistrikan memastikan pasokan yang andal dan kompetitif untuk sektor industri," katanya.

Bob memastikan pasokan listrik milik PLN saat ini cukup andal, sebab saat ini pihaknya mempunyai kapasitas daya sebesar 43 GW. Di sisi lain, cadangan daya masih ada sekitar 50%.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...