Freeport Cari Pembeli Katoda Hasil Olahan Tembaga Smelter Gresik

Image title
16 September 2021, 18:12
freeport, smelter, smelter tembaga, jiipe, kawasan industri
Wahyu Dwi Jayanti | KATADATA
Suasana pabrik pemurni tembaga PT Smelting, Gresik, Jawa Timur, Kamis (20/6/2019)

PT Freeport Indonesia (PTFI) berkomitmen untuk membangun pabrik peleburan atau smelter tembaga di Gresik, Jawa Timur. Meski begitu, perusahaan berharap agar industri hilir di dalam negeri dapat menyerap produk katoda tembaga yang dihasilkan smelter tersebut.

Direktur Utama Freeport Indonesia Tony Wenas mengatakan smelter milik perusahaan di Kawasan Ekonomi Khusus Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE) Gresik akan menjadi smelter tembaga terbesar dengan kapasitas produksi katoda tembaga 600.000 ton per tahun.

Oleh karena itu, dia berharap agar industri di dalam negeri dapat semaksimal mungkin menyerap produk olahan smelter Gresik. Pasalnya, dari produksi katoda tembaga sebesar 300.000 ton per tahun milik PT Smelting yang ada di Kawasan Petrokimia Gresik, Jawa Timur, 50%-nya justru lebih banyak diekspor ke luar negeri.

"Kita perlu memikirkan sama-sama bagaimana ini jangan sampai 100% diekspor. Supaya ada industri dalam negeri yang tumbuh untuk menyerap katoda tembaga ini," kata dia dalam diskusi Peran & Tantangan KEK Mendorong Ekspor, Kamis (16/9).

Menanggapi hal itu, Presiden Direktur PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) Haryanto Adikoesoemo memastikan telah menyiapkan strategi untuk membantu para perusahaan penyewa (tennant) di JIIPE mendapatkan pasar. Dengan begitu, mereka akan lebih efisien karena rantai pasoknya dapat terserap oleh tenant lainnya.

"Sehingga mereka terus berkembang. Kalau mereka berkembang kawasan industrinya akan terus berkembang," ujarnya. Simak jumlah smelter tembaga yang telah terbangun sampai dengan 2020 pada databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...