Menkes Budi Gunadi Pamer Tes Covid-19 RI Hampir 4 Kali Standar WHO

Rizky Alika
20 September 2021, 20:34
covid-19, who, budi gunadi sadikin,
ANTARA FOTO/Aji Styawan/nz
Petugas medis melakukan tes usap (swab) COVID-19 terhadap seorang pegawai ASN Pemkot Semarang di Balai Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (11/6/2020).

Pemerintah terus meningkatkan kinerja pengetesan Covid-19. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun mengatakan bahwa angka tes di Indonesia sudah hampir empat kali lebih tinggi dari standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Ia mencatat, tes secara nasional pada pekan lalu mencapai 1,1 juta orang. Sedangkan, WHO menstandarkan satu tes per 1.000 orang per minggu atau 270 ribu orang per minggu bagi negara dengan positivity rate di bawah 5%. Saat ini positivty rate Indonesia sudah di bawah 3%.

"(Testing) kita sudah 1,1 juta orang per minggu atau sudah hampir 4 kali lipat dari standar WHO," kata Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (20/9).

Ia berharap, kinerja pengetesan itu bisa terus meningkat. Dengan demikian, pemerintah bisa mengidentifikasi respons dengan cepat pada pasien Covid-19. Kemudian, pemerintah bisa melakukan pencegahan penularan Covid-19 di masyarakat. Simak databoks berikut:

Selain testing, pemerintah juga mencatat peningkatan kinerja penelusuran (tracing). Saat ini, tracing telah mencapai rata-rata 10 kontak erat per kasus konfirmasi.

Menkes menyebutkan bahwa perbaikan kinerja pengujian Covid-19 berkat didukung oleh TNI dan Polri, serta Kementerian Koordinator bidang Perekonomian yang juga turut membantu meningkatkan peningkatan pelacakan secara nasional.

Meski begitu, Budi menyayangkan baru 50% orang yang dilacak mau melakukan tes Covid-19. Kemudian, belum semua orang yang ditemukan positif corona mau melakukan isolasi terpusat. Kondisi ini terjadi lantaran masih ada orang yang takut untuk dites Covid-19. "Masih banyak orang khawatir ketahuan sakit," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...